بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Menuju Pulau Burung Loe
Go Green

Clock Link

Thursday, November 22, 2012

Menuju Pulau Burung Loe

TEMPO.CO


Makassar - Pulau kecil tampak berjejer. Dari kejauhan pulau itu mirip benda kecil yang mengapung di laut biru, diombang-ambingkan gelombang perairan Teluk Bone. Gugusan pulau, yang terletak di Kabupaten Sinjai ini berjumlah sembilan sehingga dinamakan Kepulauan Sembilan. Lihat: Indahnya Sepi di Kepulauan Sembilan.

Untuk sampai ke Kepulauan Sembilan, kita harus menuju Sinjai. Dari Makassar, kota ini berjarak sekitar 200 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu sekitar empat jam dengan mobil. Pulau Burung Loe dan pulau-pulau lain di Kepulauan Sembilan dapat ditempuh dari Pelabuhan Lappa, Kabupaten Sinjai.

Di tempat ini, kita dapat menyewa kapal penumpang berkapasitas sekitar 20 orang seharga Rp 150 ribu sekali jalan. Selain itu, kita bisa menggunakan perahu cepat dengan biaya Rp 20 ribu per orang. Jika ingin perjalanan murah meriah, kita bisa menumpang kapal barang dan penumpang dari pelelangan ikan dengan biaya Rp 5.000 per orang.

Jika kita menyewa kapal, waktu tempuh mencapai 45 menit. Dengan kapal barang, waktu tempuh jauh lebih lambat, yakni satu jam. Namun, dengan perahu cepat yang memiliki kecepatan tinggi, pulau-pulau kecil tersebut bisa dicapai hanya dalam waktu 15 menit. Di Kepulauan Sembilan, pengunjung bisa memilih pulau yang akan dikunjungi. Hal ini tidak akan sulit karena jarak antarpulau berdekatan.

Namun, sebaiknya, sebelum berangkat, siapkan referensi mengenai pulau yang hendak Anda kunjungi. Pulau Burung Loe termasuk pulau terbaik untuk berlibur. Jika ingin menyepi, Anda bisa berkunjung ke pulau yang tak berpenghuni, yakni Pulau Kambuno, yang berjarak tempuh 10 menit dari Pulau Burung Loe.

No comments:

Post a Comment