بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Wisata Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar
Go Green

Clock Link

Thursday, October 25, 2012

Wisata Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar



Kalau disuruh memilih rekreasi biasanya ada yang memilih ke puncak, taman hiburan atau tempat rekkreasi lainnya, kali ini kita coba liburan kepantai yuk

Pantai ini ada di Blitar, di balik bukit Pantai Tambakrejo ada jalan setapak menuju surga tersembunyi, menuju tempat eksotis, mistis, semistis namanya, Pantai Pesatren Gondo Mayit. Dalam Bahasa Jawa ‘Gondo Mayit’ yang berarti ‘Bau Mayat’, bukannya saya mau menakut-nakuti, tapi memang itu namanya.

Tapi jangan tertipu dengan namanya, pantai Pasetran Gondo Mayit tidaklah seseram namanya.


Disni tidak adanya plang ataupun papan dengan keterangan nama tersebut.Pasti ngeri seandainya ada papan nama dengan tulisan “Pantai Bau Mayat” pasti pengunjung sudah kabur duluan. 

Terletak di bagian selatan wilayah kabupaten Blitar, surga tersembunyi yang masih perawan ting-ting itu sesungguhnya bukanlah tempat yang terlalu sulit dijangkau, terlebih jika Anda berjiwa petualang. Dari kota Blitar, kita bisa berkendara dengan nyaman ke arah Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Setibanya di Pantai Tambakrejo, titipkan kendaraan Anda (ada banyak tempat penitipan di sana), lalu lanjutkan perjalanan dengan alat transportasi purba: jalan kaki.


Pantai Pasetran Gondo mayit dilihat dari atas bukit

Di puncak bukit menuju Pantai Pasetran Gondo Mayit terdapat sebuah makam yang keramat lengkap dengan bau-bauan kemenyan,hal ini membuat kami tidak berani lama-lama berada di tempat ini. Tapi kami tidak merasakan hal-hal mistis tersebut, yang katanya menakutkan dan bau mayat tidak kami temukan di pantai tersebut. 

Berdasarkan keterangan penduduk setempat, sebenarnya makam itu hanyalah fiktiv belaka. Makam itu sengaja dibuat untuk kepentingan-kepentingan tertentu saja. Keterangan ini cukup melegakan. Kini tidak ada lagi yang perlu ditakutkan dari Pasetran Gondo Mayit.

Jalan setapak menuju pantai Pasetran Gondo Mayit



Pemandangan pantainya


Karena memang pantai ini tidak dikelola oleh secara baik, baik pemerintah maupun swasta, jadi fasilitas yang ada terkesan apa adanya, bisa dibilang memang tidak ada, mungkin dengan begitu kesan perawannya benar-benar terasa. Yang dibutuhkan hanya kesadaran pengunjung saja untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena kami menemukan bekas botol aqua,bungkus snack dan bungkus nasi dibuang seenaknya.Di Pantai ini bener-bener bagus, pasirnya putih sekali, airnya terlalu bening sekali dan bukit karang.

2 comments: