بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Peneliti Australia Temukan Cara Basmi Hama Bintang Laut
Go Green

Clock Link

Sunday, October 28, 2012

Peneliti Australia Temukan Cara Basmi Hama Bintang Laut



Sydney (AFP/ANTARA) - Sebuah tim peneliti Australia telah menemukan sebuah cara efektif untuk membunuh bintang laut yang merusak terumbu karang di samudra Pasifik dan Hindia.

Penemuan oleh Pusat Studi Terumbu Karang (Centre of Excellence for Coral Reef Studies) di James Cook University di negara bagian Queensland tersebut muncul setelah sebuah penelitian menunjukkan bahwa Great Barrier Reef telah kehilangan lebih dari setengah terumbu karangnya dalam 27 tahun terakhir.

Wabah dari bintang laut besar, beracun dan berduri itu, yang berada pada polip karang, dikaitkan dengan 42 persen kerusakan tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah cara pembasmian dengan menginfeksi bintang laut menggunakan bakterinya sendiri dan dapat menghancurkan mereka dalam waktu 24 jam.
Bakteri itu juga menyebar ke bintang laut lainnya yang mendekat atau melakukan kontak dengan individu yang terinfeksi.

Langkah selanjutnya adalah uji coba untuk menentukan apakah metode tersebut aman bagi kehidupan laut lainnya.

“Dalam mengembangkan kontrol biologis, Anda harus sangat berhati-hati untuk menargetkan hanya kepada spesies yang Anda maksudkan, dan memastikan bahwa cara ini tidak membahayakan spesies lainnya atau bagi lingkungan yang lebih luas,” kata Morgan Pratchett, seorang profesor di pusat tersebut.
“Senyawa ini terlihat sangat menjanjikan dari sudut pandang tersebut, meskipun ada banyak pengujian yang masih harus dilakukan sebelum kita mempertimbangkan untuk melakukan uji coba di dalam laut,” tambahnya. (ai/pt)

No comments:

Post a Comment