بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Pakai Kapur dan Cuka, Kotoran di Kaca Bisa Musnah
Go Green

Clock Link

Saturday, October 20, 2012

Pakai Kapur dan Cuka, Kotoran di Kaca Bisa Musnah

sumber: kompas


KOMPAS.com - Tahukah Anda, membersihkan dan mengkilapkan kaca tidak harus menggunakan cairan pembersih mahal? Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana di rumah.


Kapur tulis

Anda hanya perlu menyiapkan kapur putih yang biasa digunakan untuk menulis di papan tulis. Celupkan kapur ke dalam air, lalu oleskan ke permukaan kaca. Selanjutnya, bersihkan dengan menggunakan koran bekas atau kain lap hingga bersih.


Cuka

Kombinasi berikut ini akan terdengar sedikit aneh, yaitu membersihkan kaca dengan cuka. Memang, sedikit berbau, namun cuka juga efektif untuk mengembalikan kilap di kaca Anda.

Caranya, campurkan cuka dengan air. Perbandingannya 1 cuka dan 4 air. Gunakan lap chamois untuk menyeka kaca yang telah diberikan larutan cuka ini. Agar kaca lebih berkilau, Anda juga disarankan menggunakan koran.

Selain hanya mencampurkan cuka dan air, ada sumber lain yang mengatakan bahwa mencampur cuka, air, dan alkohol juga efektif mengkilapkan kaca. Campurkan satu cup alkohol, satu cup air, dan satu sendok makan cuka. Masukkan larutan ini ke dalam botol spray tidak terpakai. Gunakan larutan ini seperti Anda menggunakan larutan pembersih seperti biasa.

Keunggulan menggunakan bahan alami alkohol dan cuka putih yang dicampur akan menjadi cairan pembersih kaca mudah menguap yang dapat bersaing dengan produk pembersih bermerek. Bahkan, resep tersebut juga dapat digunakan untuk mengkilapkan keramik, krom, dan permukaan lainnya. Bau cuka yang kurang sedap akan hilang segera setelah cuka mengering dan menguap.

No comments:

Post a Comment