بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Mau Keliling Jakarta..TomTom Siap Memandu
Go Green

Clock Link

Sunday, October 14, 2012

Mau Keliling Jakarta..TomTom Siap Memandu

sumber: http://tekno.kompas.com/read/2012/06/18/14255564/TomTom.Siap.Memandu.Keliling.Jakarta.dan.Singapura

Kemajuan jaman dan teknologi di satu sisi semakin memudahkan kita dalam beraktifitas. Salah satunya peta. Dengan peta kita bisa menentukan arah yg akan kita tuju dan menghindari salah arah atau tersesat. Dari jaman ke jaman peta berkembang dan berevolusi, dan salah satunya adalah peta digital. Salah satunya seperti artikel di bawah


JAKARTA, KOMPAS.com - Apple menyatakan tak lagi menggunakan peta digital Google Maps di sistem operasi mobile iOS versi 6. Sebagai gantinya, Apple memercayakan TomTom sebagai penyedia data utama peta digital di iOS 6.

Berdiri pada 1991, TomTom merupakan perusahaan pemetaan digital sekaligus produsen perangkat navigasi Global Positioning System (GPS), asal Amsterdam, Belanda. TomTom pun telah resmi memasarkan produknya di Indonesia, sejak Februari 2012.

Tak hanya bergantung pada perangkat GPS, kini TomTom mulai melebarkan sayapnya membuat aplikasi navigasi untuk iOS, yang kompatibel untuk iPhone, iPad dan iPod Touch. TomTom juga menyediakan layanan navigasi untuk Indonesia, dalam aplikasi TomTom South East Asia.


Aplikasi ini bisa diunduh di Apple App Store dengan harga 69.99 dollar AS. Ukuran file installer-nya 288MB, dan ketika sudah di-install memakan 330MB. Cukup besar untuk ukuran aplikasi mobile.



Quote:
Menentukan destinasi dan Point of Interest

Begitu aplikasi dibuka, ia akan menampilkan peta digital posisi tempat Anda berada. Cukup sentuh peta digital untuk menampilkan menu utama.Aplikasi ini hanya memberikan informasi nama jalan dan memandu ke posisi terdekat dengan alamat yang dituju.




Quote:
Akurasi

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang doyan bepergian ke luar negeri di kawasan Asia Tenggara, karena layanan pemetaan tersedia untuk negara Indonesia, Hong Kong, Macau, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.
Dalam hal akurasi, TomTom South East Asia patut diacungi jempol. Dia tidak melewatkan satu belokan sekalipun. Gambar jalan yang ditampilkan juga relevan. Ketika Anda berada di jalan tol, aplikasi mampu mendeteksi jumlah jalur yang tersedia. Instruksi suara yang diberikan juga jelas dan detail.

Quote:
Perlu diketahui, bagus-tidaknya sinyal GPS bergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Ketika KompasTekno mencoba tidak mematuhi navigasi yang diinstruksikan TomTom, maka ia dengan cepat melakukan replanning jalur. Waktu yang dibutuhkan untuk replanning tidak sampai 5 detik.

Quote:
Sayangnya, aplikasi ini tidak menyediakan instruksi suara dalam bahasa Indonesia, namun Anda dapat menggunakan bahasa Melayu sebagai alternatif.
Aplikasi ini belum bisa mendeteksi kondisi lalu lintas di Jakarta, apakah jalan yang Anda tempuh sedang mengalami macet atau terjadi kecelakaan.

Quote:
Kesimpulan

Kelebihan
+ Database lokasi lengkap
+ Instruksi suara jelas dan detail
+ Mudah digunakan dan intuitif
+ Bisa check in lokasi ke Facebook dan Twitter
+ TomTom South East Asia bisa digunakan di Indonesia, Hong Kong, Macau, Malaysia, Singapore, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Kekurangan
- Harga aplikasi terbilang mahal, 69,99 dollar AS
- Instruksi suara belum tersedia dalam bahasa Indonesia, Anda bisa menggunakan bahasa Melayu
- Menguras baterai
- Mounting belum tersedia di pasar Indonesia


No comments:

Post a Comment