بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: BB Bernasib Seperti NOKIA?
Go Green

Clock Link

Monday, September 17, 2012

BB Bernasib Seperti NOKIA?

sumber: http://log.viva.co.id/news/read/351098-migrasi-ke-android--indonesia-tinggalkan-blackberry



Jumlah pengguna ponsel BlackBerry di Indonesia hampir mencapai 9 juta pengguna (Juli 2012). Fakta tersebut membuat Indonesia dijuluki sebagai Negara blackBerry, pasalanya angka 9 juta juga menempatkan Indonesia sebagai pengguna ponsel Ber-OS BlackBerry terbanyak di dunia. Namun, masalah keuangan yang melanda RIM dan semakin gencar munculnya ponsel Android membuat pengguna ponsel BlackBerry berpindah hati.

Posisi BlackBerry sebagai smartphone yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia pun semakin tergeser. Berdasarkan hasil penelitian firma Analis IDC, jumlah pengguna Android di Indonesia meningkat dan menguasai 52% smartphone yang beredar di pasar Indonesia.

Lantas apa penyebabnya ?
Dilansir dari TheNextWeb ditundanya peluncuran OS BlackBerry 10 hingga tahun 2013 menjadi salah satu faktornya. Penundaan itu membuat pecinta BB tertarik untuk mencoba OS lain. Selain itu semakin inovaif dan variatifnya ponsel ber-OS Android membuat penngguna smartphone berpindah ke Android. Apalagi harga ponsel Android baru lebih berkompeten, karena terdiri dari berbagai range, yaitu mulai dari kelas low end berkisar ratusan ribu, middle end antara 1-2 juta dan high end di atas 3 juta. Bandingkan dengan ponsel ber-OS Blackberry yang jauh lebih mahal untuk ponsel keluaran baru, sedangkan fasilitasnya hampir sama. Apakah Android akan menjadi raja baru di Indonesia ? kita lihat saja perkembangannya. 


Grafis penjualan ponsel di Indonesia sampai kuartal 2 2012. ©2012 IDC

No comments:

Post a Comment