بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lorong Waktu
Go Green

Clock Link

Saturday, August 18, 2012

Lorong Waktu




"Lorong Waktu adalah salah satu serial TV bulan Ramadan di Indonesia. Banyak orang yang menyebutkan bahwa basis serial ini adalah film Back to The Future di era 1980-an karya Steven Spielberg. Dengan menampilkan sebuah mesin waktu yang memakai komputer canggih. Ide mesin waktu ini sendiri agak berbeda dengan yang digambarkan di film The Time Machine".

Lorong Waktu pertama kali di putar di layar TV Indonesia melalui stasiun televisi SCTVpada Ramadan 1999. Setelah itu dilanjutkan dalam beberapa sekuel, dari mulai Lorong Waktu 2 (2000), Lorong Waktu 3 (2002), Lorong Waktu 4 (2003), Lorong Waktu 5 (2004), dan Lorong Waktu 6 (2006).

Serial TV Islami Science Fiction ini diproduksi oleh PT. Demi Gisela Citra Sinema dan disutradarai oleh aktor kondang Indonesia, Deddy Mizwar, berkolaborasi dengan penulis skenario, Wahyu HS. Serial ini merupakan salah satu serial TV terlaris di Indonesia diakhir 1990-an.


Lorong Waktu 1 (1999)

Sekuel pertama lorong waktu bercerita tentang penemuan sebuah mesin waktu oleh Ustad Addin (diperankan oleh Adjie Pangestu). Ustad Addin sendiri merupakan murid sekaligus anak angkat dari Haji Husin (Deddy Mizwar). Selain Ustad Addin, Haji Husin mempunyai seorang murid cilik bernama Zidan (Jourast Jordy).
Selanjutnya kisah ini berlanjut dengan diisi dakwah dan petuah bagi kaum Muslimin.


Lorong Waktu 2 (2000)

Kali ini peran Ustad Addin diambil alih oleh Dicky Chandra. Tanpa sengaja seorang pencuri berniat mencuri kotak amal masjid. Pencuri itu bernama Hafid (Opie Kumis). Namun Hafid mengurungkan niatnya mencuri setelah mendengar nasihat dan ceramah Haji Husin.
Dilain waktu, Haji Husin yang sudah tua berniat mencari murid tambahan. Dia mendapat seorang murid perempuan bernama Sabrina (Christy Jusung), yang ternyata pernah bertemu dengan Zidan di lorong waktu sebagai peramal. Tanpa sengaja, ternyata Haji Husin yang seorang duda naksir dengan Sabrina. Di lain pihak, anak asuhnya yaitu Ustad Addin juga ternyata naksir. Jadilah guru dan murid ini bersaing mendapatkan Sabrina. Walaupu akhirnya Haji Husin menyerah dan membiarkan Ustad Addin untuk melamar Sabrina.
Sementara Hafid akhirnya ditarik Haji Husin untuk menjadi salah satu muridnya. Dan di akhir serial, Ustad Addin melamar Sabrina dan diterima oleh orang tua angkat Sabrina.


Lorong Waktu 3 (2002)

Setelah menikah dengan Sabrina, mantan paranormal Ustadz Addin (Hefri Olifian) terus mengembangkan proyek “Lorong Waktu”nya untuk mengirim anggota kelompoknya menjelajah ke masa lalu, masa kini maupun masa mendatang. Meski demikian, proyek tersebut masih dalam status “Confidential”.
Dalam perjalanan menembus lorong waktu itulah, Haji Husin dan Zidan serta beberapa murid lainnya menemui berbagai kejadian maupun tokoh-tokoh unik, yang secara tidak langsung memberikan pelajaran berharga dalam menghayati nilai-nilai hidup yang lebih baik; mulai dari kisah pencuri kain kafan, pedagang kecil yang doanya lebih makbul ketimbang imam masjid, pemuda yang jujur yang direpotkan oleh sebutir jeruk, Mpu Gandrung – saudara jauhnya Mpu Gandring – si pembuat keris Kyai unik bernama Aa Gyman, dukun setan dan banyak lainnya.
Sementara itu, dua murid Haji Husin yang sekaligus bertugas sebagai pengurus masjid, Havid dan Jambrong pada perkembangannya jatuh cinta pada gadis yang sama. Keseharian masjid diwarnai aneka muslihat untuk berkompetisi merebut cinta sang gadis yang bernama Adinda (Irma de Vanty). Haji Husin sendiri mulai agak bosan menduda hatinya mulai berbungan ketika seorang janda muda berkeluh kesah padanya meminta nasihat. Di bagian lain, Zidan yang tengah memeasuki masa transisi dari anak-anak menjadi ABG, sikapnya mulai berubah. Zidan mulai mandiri dan cenderung berontak atas tatanan yang selama ini ia turuti, tanpa terkecuali kepada ibunya. Beruntung selalu ada orang yang ikhlas, yang selalu menjewer kupingnya setiap kali terlihat bandel, yaitu Haji Husin.


Lorong Waktu 4 (2003)

Suasana masjid sedang sentimentil. Ada tiga orang yang tengah memasuki fase-fase “rawan” dalam hidupnya. Orang pertama adalah Havid. Rencana pernikahannya dengan Adinda mengalami pengunduran berkali-kali karena kakek Adinda sebagai pemegang keputusan tertinggi di keluarga besarnya belum bisa memutuskan siapa yang akan ia “tunjuk” sebagai calon suami cucunya. Kebetulan ia sendiri sedang sakit. Setiap kali didesak untuk mengambil keputusan, selalu ia bilang, “Gue udeh mau mati, masih sempet-sempetnya lu mikirin kimpoi”. Walhasil, tidak ada lagi yang berani menanyakan hal tersebut. Posisi Havid dan Adinda menjadi terombang-ambing dalam ketidakpastian.

Orang kedua yang memasuki fase “rawan” adalah Sabrina. Istri Ustadz Addin ini sedang hamil muda dan menjadi sangat manja. Lazimnya wanita Indonesia kalau sedang hamil, Sabrina pun ngidam. Sebagai suami dan calon ayah yang bertanggung jawab, Addin berusaha memnuhi “tuntutan” ngidam istrinya. Jika Addin kelihatan keberatan, maka Sabrina akan mengeluarkan kata-kata mujarab para ibu hamil, “Ini ‘kan permintaan bayi”. Kesibukan Addin bertambah warna. Selain mengurusi ulak-alik perjalanan di lorong waktu, ia pun mulai akrab dengan mangga muda, rujak, menemani Sabrina duduk di halte menonton lalu lintas, hingga kadang ia harus mengenakan baju polka dot demi memenuhi “permintaan bayi”.
Namun diakhir seri muncul kejutan lain. Mantan narapidana dan teman Jambrong dan Hafid yang insyaf bernama Jagur (diperankan oleh Asrul Lubis) datang dan melamar untuk menjadi murid pak Haji Husin. Pak Haji Husin menerima, namun kekhawatiran muncul di hati Jambrong dan Hafid, karena Jagur adalah seorang penjahat. Namun ternyata mereka salah besar, sebab Jagur telah 100% bertobat dari semua kejahatannya. Bahkan dia meminta Zidan untuk menghapus tatonya dengan cara disetrika.


Lorong Waktu 5 (2004)

Tak banyak yang berubah dari Lorong Waktu 5. Namun yang pasti Jambrong dan Hafid telah berkeluarga. Sementara peran Sabrina yang dipegang oleh Christy Jusung kali ini diambil alih oleh Aditya Novika.
Perubahan signifikan mungkin terjadi pada perangkat komputer, bila sebelumnya komputer Lorong Waktu memakai PC Desktop, kali ini Ustad Addin memakai komputer Laptop.


Lorong Waktu 6 (2006)

Jalan cerita Lorong Waktu 6 tak banyak berubah. Namun durasi serial TV ini meningkat menjadi satu jam. Semua pemeran tetap sama, kecuali peran Sabrina yang kembali berubah. Kali ini peran Sabrina diisi oleh Zaskia Adya Mecca.
Dan karena banyak masyarakat yang kurang suka dengan komputer laptop yang dipakai dalam serial ini, maka Deddy Mizwar memutuskan “kembali ke fitrah” dengan memakai PC Desktop canggih ala NASA yang dipakai di Lorong Waktu 1-4

No comments:

Post a Comment