بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Cara Menjauhi Penyakit di Meja Kerja
Go Green

Clock Link

Wednesday, August 8, 2012

5 Cara Menjauhi Penyakit di Meja Kerja

sumber: http://www.integricity.com/blog/urgh-your-keyboard-is-infected



Lebih Baik Menjaga Gaya Hidup yang Sehat daripada Mengobati Penyakit 

Berjam-jam duduk di meja kerja bukanlah rutinitas yang sehat, karena aktivitas fisiknya sangat terbatas. Untungnya ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyiasati ancaman penyakit akibat terlalu lama bekerja di meja kantor.

Cara-cara menghindari penyakit saat harus berjam-jam berada di kantor adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Thenextweb:

1. Minum air putih yang cukup: 


Air putih tidak hanya penting untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga bersifat antitoksin karena bisa meluruhkan racun-racun melalui ginjal. Bagi yang sedang berpuasa, minum air putih yang cukup pada waktu sahur tetap akan sangat bermanfaat.

Untuk dewasa dianjurkan minimal (8 gelas - pagi,siang,sore,malam masing-masing 2 gelas biar mudah diingat ) 2 Liter sehari. 


2. Jalan-jalan sesering mungkin: 


Banyaknya tugas yang harus diselesaikan jangan dijadikan alasan untuk berlama-lama duduk di depan komputer. Tubuh manusia hanya didesain untuk diam dalam satu posisi selama 20 menit, lalu harus berdiri dan jalan-jalan jika tidak ingin mengalami sakit punggung dan otot.

Duduk Terlalu Lama Sama Buruknya Seperti Merokok (sumber


3. Pilih kursi yang paling nyaman: 


Posisi duduk yang ideal adalah yang membuat mata sejajar dengan layar monitor, sementara kaki berada sedikit lebih rendah dari pinggul agar punggung tidak membungkuk. Memilih kursi yang tepat bukan cuma menghindari sakit otot, tetapi juga bisa meningkatkan konsentrasi dan priduktivitas.


Posisi duduk yang benar:: 

4. Kalau bosan duduk berdiri saja: 

Jangan ragu-ragu untuk segera berdiri ketika mulai merasa bosan duduk, sebab kelamaan duduk bisa meningkatkan tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Namun jangan terus-terusan berdiri juga, karena bisa menyebabkan varises maupun pembengkakan akibat cairan yang menumpuk di kaki. 


5. Bersihkan mouse dan keyboard secara berkala: 


Penelitian membuktikan, mouse dan keyboard kadang jauh lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Jika tidak ingin sakit karena menghirup kuman-kuman yang menempel di sana, sebaiknya bersihkan benda-benda yang paling sering disentuh ini secara berkala.


Tips Membersihkan Keyboard:: 


STEP 1: Remove the cable from the back of the computer case.

STEP 2: Use a vacuum to remove food, dust and debris from between the keys. If no vacuum is available, turn the keyboard upside down and gently tap on the back side to dislodge debris.

STEP 3: Aim between the keys and blow canned, or compressed air to remove remaining dust and debris. Use short puffs of air applied at about a 30-45 degree angle to the keyboard surface. Alternate between blowing between the keys and tapping the keyboard upside down to dislodge particles until it is clean.

STEP 4: Lightly dampen a cloth with a mild soap solution and wipe down the outside of the keyboard. Do not spray sooap solution directly onto the keyboard.

STEP 5: Dampen a swab with isopropyl alcohol and clean between, around and on top of the keys. Change swabs as they become dirty. You may need several swabs.

STEP 6: Wipe the keyboard cord. Lightly dampen a cleaning cloth with mild soap solution and gently pull the cord through the cloth. Too tight a grip may damage it. Dry the cord with a dry cloth.

No comments:

Post a Comment