بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Olahan Daging khas Indonesia
Go Green

Clock Link

Monday, June 18, 2012

Olahan Daging khas Indonesia

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Masakan_Indonesia

Indonesia terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Nah, diantara berbagai jenis makanan tersebut ada beberapa yang merupakan hasil olahan dari daging (sapi, ayam, ikan dan lain-lain), yang bisa menjadi menu makanan utama, makanan pembuka atau bahkan sekedar untuk cemilan. Berikut 4 hasil olahan daging khas Indonesia...




1. Abon

Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitaman. Abon tampak seperti serat, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering. Karena kering, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan kedap udara.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper. Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'.





2. Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang biasa dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Saat ini banyak variasi bakso yang dijual, antara lain bakso urat, bakso tenis/telur, bakso gepeng, bakso bakar dan masih banyak lagi.





3. Pempek

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.





4. Otak-otak

Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari ikan (biasanya tenggiri) dibungkus oleh daun pisang dan dipanggang. Otak-otak banyak dijumpai di beberapa daerah seperti pantai utara Jawa.

Otak-otak dibuat dari ikan yang diambil dagingnya, dihaluskan dan dibumbui. Selanjutnya daging ikan tersebut dimasukkan lagi kedalam kulit ikan yang kemudian direbus atau dipanggang dalam balutan daun pisang.

Makanan ini dapat dimakan tersendiri atau ditemani dengan saus asam pedas. Kadang-kadang dimakan untuk menemani nasi.

No comments:

Post a Comment