بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: inilah makanan khas dari kota malang
Go Green

Clock Link

Friday, June 1, 2012

inilah makanan khas dari kota malang


sumber: http://iiamlonely.blogdetik..com/2009/11/09/makanan-khas-malang-jatim/



Wah, kalau bicara tentang makanan, pasti tidak akan ada habisnya. naHh dsini ni… saya mau crita tentang makanan khas kota Malang. Malang tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya saja. Banyak tempat makan yang wajib dikunjungi.

Kota Malang, yang panas dan sangat terik, membuat warganya , arek-arek Malang ini sebagian besar bertemperamental tinggi, dan apa saja yang identik dengan daerah panas. Bisa membayangkan tidak, Bisakah anda membayangkan apakah yang dimakan oleh orang yang berkarakteristik seperti itu ? mungkin yang terlintas di pikiran kita, orang-orang seperti mereka memakan makanan yang panas-panas juga. Hehe…

Tapi menurut hasil penelitian yang sudah saya telusuri dari 1 tahun ini,(hehe padahal ga juga siiicH) makanan khas kota malang ini ini memang mengandung rasa pedas. setidaknya disinilah ciri khas dari masakan Malang..

Nahh iini yang namanya masakan2 malang,, yang salah satunya terkenal dikota malang adalah rujak cingurnya ini dan baso malang yang terkenal kelezatanya itu, tak lupa rawon juga termasuk makanan khas malang lohH……..


RUJAK CINGUR


rujjak-cingurr
NnahHh…… Rujak cingur ini merupakan rujak khas Malang. Mengapa disebut rujak cingur ? konon katanya, kata cingur ini diambil karena salah satu campuran bahan rujak ini adalah hidung sapi yang dalam bahasa jawa disebut cingur. Jadi diberi nama rujak cingur ya gara-gara ada hidung sapinya gtu hihi…. (padahal gda idung sapinya).

Bahan-bahan rujak cingur ini terdiri dari petis, kacang, cabe, irisan pisang hijau, dan air. Di sepanjang sudut kota Surabaya, banyak kita jumpai penjual rujak cingur ini.


RAWON


rawon

Ini nih yang paling sering dimakan warga kota malang. Pasalnya, membuatnya mudah, semudah memasak sayur lodeh atau sayur asem. Setidaknya tiap keluarga pernah masak masakan yang satu ini.

Ada yang istimewa tentang rawon. Ada sebuah warung rawon, tepatnya di jalan embong Malang, yang menamakan rawonnya dengan nama “rawon Setan”. Apa pasalnya ? katanya, diberi nama rawon setan karena warung rawon yang satu ini buka tengah malam. Itu alasan pertama. Alasan kedua, karena sambalnya super pedas, sehingga yang makan rawon ini akan seperti kesetanan. Aneh juga ya ? tapi rawon setan ini sangat terkenal hingga ke luar kota sekitar Malang. Dan saat ini telah membuka cabang di beberapa tempat lain.



Bakso Malang


bakso-malang

Bakso Malang ini beda sendiri dari pada yang lain pastinya…, yang membuatnya beda,, didalam semangkuk bakso ini tidak hanya bakso saja isinya, tapi ada gorengan yang isinya udang, usus, ati ampela, jeroan, pangsit goreng dan pangsit basah., oia atu lagi yang ga boleh ketinggalan dari Malang yaitu Bakso bakarnya itu Lohhh…..,, dijaminnn mantaBbzzz rasanya…..

Tertarikkk??? …Mauu cobba ???…,, dateng ajjahh ketempat dibawah ini., tapi pastinya diMalang lohh…., hehe


Spoiler for Lokasi Jajanan: 


1. pusatnya dibelakang Mitra 2 Malang. Disini terdapat macam-macam bakso goreng. dan yang paling khas adalah bakso udangnya.

2. Bakso Kota: Pusatnya di Jalan Letjen Sutoyo. Bakso yang terkenal dengan nama Bakso CAk Man ini memiliki aneka macam bakso hingga jeroan.

3.Bakso di jl. Pahlawan Trip merupakan bakso yang terkenal dengan rasa bakso bakarnya.

4.Bakso bakar di Kidul Pasar.

5.Bakso bakar di ABM harganya memang mahal namun pantas untuk rasanya.

6.Bakso depan pegadaian pecinan yang terkenal dengan bakso goreng ususnya.

7.Bakso Damas di dekat permata jingga dekat bundaran pesawat sukarno hatta enak dech.

No comments:

Post a Comment