بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Cari Gratisan di Singapura
Go Green

Clock Link

Tuesday, June 26, 2012

Cari Gratisan di Singapura



Juragan- juragan Kaskuser pasti sudah mengenal negara kota tetangga kita ini; dan pasti sudah banyak yang mengunjungi negara ini, untuk sekedar berjalan- jalan, berbelanja, berobat, atau keperluan lainnya.

Sudah banyak orang yang membuat artikel tentang tips and trik backpacker ke Singapura, jadi TS tidak akan menulis kembali tentang hal itu. Yang ingin TS ceritakan disini adalah hal- hal yang tidak banyak orang ketahui tentang Singapura. Yaitu tentang hal- hal/ tempat- tempat yang dapat juragan nikmati dan dapatkan secara GRATIS di Singapura  . Tulisan ini didasarkan dari pengalaman yang TS dapatkan dan sering lakukan sendiri sewaktu bekerja sebagai TKI selama 4 tahun di Singapura 


AIR MINUM



Yang terutama dan terpenting untuk diketahui, adalah bahwa air kran di Singapura AMAN UNTUK DIMINUM. Jadi seandainya juragan- jurangan kehabisan uang atau ingin berhemat biaya, lebih baik tidak usah membeli air minum ketika makan dan hanya ambil air putih dari keran- keran terdekat. Mengingat harga minuman di Singapura yang cukup tinggi, (di tempat- tempat umum tertentu harga air putih sampai S$2.4/ botol, bahkan lebih) tentu trik ini akan sangat membantu untuk melakukan penghematan.
Tentu saja ada keran- keran air tertentu yang diletakkan di area publik, sehingga gampang diakses oleh orang- orang yang ingin minum. 



Tapi apabila keran- keran ini tidak ada, juragan tinggal pergi ke toilet- toilet umum terdekat dan ambil air dari kran westafel saja! Tapi tentu saja perlu untuk di ketahui bahwa sebagian besar orang Singapura jarang melakukan hal ini, sehingga tidak usah terlalu menarik banyak perhatian orang sewaktu mengambil air


INTERNET

Jaringan internet di tempat- tempat umum di Singapura sebagian besar adalah gratis, dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Juragan tinggal melakukan 1x pendaftaran secara online, kemudian password dan username nya akan dapat juragan pakai untuk setiap kali hendak terhubung ke internet. Jaringan ini bernama Wireless@SG.


 



Apabila juragan kebetulan membutuhkan koneksi internet yang stabil lebih lama dengan posisi duduk yang wuenakk  , juragan bisa pergi ke Starbucks atau McDonalds. Tapi apabila juragan benar- benar cekak tapi butuh tempat yang nyaman sambil bekerja atau upload foto- foto narsis di FB, lebih baik pergi ke Perpustakaan Umum Singapura yang terletak di banyak tempat di seluruh penjuru kota. 

Daftar lokasi perpustakaan ini bisa juragan lihat disini.


KONSER


Ada banyak event- event gratis yang diadakan di Singapura dan dapat dikunjungi. Tapi beberapa event yang hampir bisa dipastikan ada, yaitu :

Konser Beautiful Sunday di Esplanade


Konser ini diadakan sebulan sekali, pada 1 hari Minggu, jam 3 sore, di Esplanade. Jadwalnya bisa dilihat di link ini


Kebanyakan konser ini merupakan konser gratis dari musisi asli Singapura. Untuk mendapatkan tiket masuknya, juragan harus datang ke lokasi dan mengantri di loket minimal 1.5 jam sebelum konser di mulai. Tapi antri 1.5 jam demi mendapatkan tiket gratis ini tetap sangat menguntungkan, karena paling tidak juragan bisa lihat suasana asli konser di Esplanade, yang biasanya juragan harus mengeluarkan minimal S$20 untuk itu.. 

Konser ruang terbuka di Shaw Foundation Symphony Stage di Singapore Botanic Garden 


Spoiler for POTO: 


Konser ini juga diadakan sebulan sekali, pada 1x hari Sabtu, jam 6-7 sore. Jadwalnya bisa dilihat disini

Konser ini sangat menyenangkan, karena dilakukan di ruang terbuka dengan hamparan rumput yang hijau dan lembut. Juragan bisa melakukan piknik dengan keluarga, pacar tercinta atau dengan teman- teman dekat juragan.  Musik yang sering dimainkan disini adalah musik klasik, atau pernah juga musik khas kebudayaan negara tertentu.


Esplanade Outdoor Theatre Concert

Konser ini dilakukan di area semi outdoor, tepatnya di Outdoor Theatre, dan biasanya hampir bisa dipastikan setiap hari Jumat sampai Minggu pada jam- jam tertentu akan ada konser/ pertunjukan gratis oleh band- band lokal maupun internasional dari berbagai jenis aliran musik disini. 

Sst, band- band Indonesia pun sering mengadakan konser gratis disini loh! 



TIKET MASUK GRATIS

Tujuh (7) Museum Singapura

Ketujuh (7) museum ini, yaitu Asian Civilisations Museum, Memories at Old Ford Factory, National Museum of Singapore, Peranakan Museum, Reflections at Bukit Chandu, Singapore Art Museum, Singapore Philatelic Museum ; selalu mengadakan Open House, alias GRATIS masuk pada hari- hari nasional di Singapura.

Daftar hari- hari Open House ini bisa dilihat disini .

Favorit TS adalah Asian Civilisation Museum (ACM), kemudian Singapore Art Museum (SAM) dan National Museum of Singapore. Ini adalah 3 museum terbesar dan juga paling menarik di Singapura (menurut TS.. )


Marina Barrage



Marina Barrage ini salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, dan lebih menarik lagi karena kita bisa masuk dan jalan- jalan di dalamnya secara GRATIS  Pertama-- secara arsitektur bangunannya menarik, sehingga cocok dijadikan untuk lokasi hunting foto. 




Kemudian setelah masuk, naik menuju lantai 2, ada Sustainable Singapore Gallery; dimana kita bisa melihat presentasi yang sangat menarik tentang sejarah air dan pengolahan air di Singapura. 





Lalu jika kita naik ke atapnya yang tertutup oleh rerumputan yang hijau, kita bisa melihat pemandangan area Marina Bay yang sangat indah , dan kebanyakan keluarga atau muda-mudi Singapura datang khusus ke area atap ini untuk piknik dan main layang- layang, atau hanya untuk foto- foto.





EVENT GRATISAN LAINNYA

Bulan Puasa di Masjid Singapura

Kalau kebetulan juragan berkunjung ke Singapura pada bulan puasa, cobalah sekali- kali untuk berbuka puasa di masjid. Sajian nasi briyani yang melimpah sudah dipastikan ada dan dibagi-bagikan secara GRATIS. Apalagi kalau hanya sekedar air minum atau kurma. Kemudian ada juga bubur yang penampakannya cukup aneh buat TS tapi bau dan rasanya enak 


Suasana buka puasanya juga sangat kekeluargaan dan terasa berbeda dari keseharian interaksi dengan WNS (Warga Negara Singapura) yang kadang individualistis. Kalau memang juragan tertarik, wisata keliling masjid dan menyelami suasana buka puasa di Singapura ini bisa sangat menyenangkan lho! 

Masjid yang terutama sering TS datangi adalah Masjid Al Falah di Orchard Road; Masjid Sultan di Arab Street; dan masjid Assyafaah di Sembawang.

Foto- foto masjid Assyafaah :







masjid Al- Falah Orchard :




Masjid Sultan :



Event Promosi Produk di Orchard Road 


Nah, gratisan model ini sudah beberapa kali TS alami. Tapi waktunya kadang tidak bisa di prediksi dan setahu TS tidak ada jadwalnya. 

Ada baiknya kalau juragan sekalian nongkrong saja di Orchard Road seharian menunggu event ini.. hehehe.. Seringkali yang terjadi adalah promo minuman gratis. 

Sudah beberapa kali TS mendapat “jatah” Coca Cola botol gratis, ataupun Minute Maid Orange gratis. Promo ini biasanya menyebar rata di sepanjang jalan Orchard Road. Asal kuat malu, juragan bisa aja lewat beberapa kali untuk mendapatkan beberapa botol minuman. Hehehe, lumayan kann..  :beer :beer


Gratisan Lainnya .. 

Ada banyak event gratisan lainnya di Singapura, juragan bisa cari di internet, atau melalui website ini; atau khusus untuk kegiatan yang juragan bisa lakukan di area Marina Bay, juragan bisa cari disini

Singapura adalah negara yang sangat “online”  Jadi semua yang terjadi di negara ini, setiap pojok dan penjurunya, selalu ada informasinya secara online. 

Terutama untuk tempat- tempat wisata, atau acara- acara yang di selenggarakan oleh Pemerintah Singapura untuk menarik turis lebih banyak lagi.. :thumbsup :thumbsup

Selain itu Pemerintah Singapura selalu mengadakan event/ festival- festival setiap tahunnya. Jadi kemungkinan hampir setiap bulan akan ada festival tertentu yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa Festival yang TS sering kunjungi adalah :

- Singapore Arts Festival
- Singapore Night Festival
- Singapore Biennale
- Singapore Great Sale 

SING NIGHT FEST: 




SING ART FEST: 




Daftar Festival lainnya bisa juragan lihat di link ini dan ini .

SHOW SPEKTAKULER GRATISAN
yang ini info sumbangan dari agan kaskuser 4.4

Fountain Show di depan Marina Bay jam 7 malam..(ga yakin hari apa aja, pas aja waktu itu ada ) Gratis 100%



Fountain di Lake of Dreams di Sentosa jam 8.30 (sptnya hampir tiap hari ada) Gratis 100%


Crane show di Sentosa, sekitar jam 8.30 / 9.00 malam (setiap malam, kecuali Selasa off) Gratis 100%..


Recommended to watch this show with couple, very romantic show about a couple of crane (merak) fall in love 


Cari Sale di Singapura ? 

Sudah banyak diketahui bahwa Singapura adalah surga belanja bagi kaum kaya Indonesia. Untuk juragan- juragan yang ingin hunting barang- barang tertentu dengan harga murah, website- website berikut ini cukup terpercaya untuk dijadikan sumber informasi dan referensi belanja. Info yang paling ditunggu tentu saja adalah Warehouse Sale, atau Cuci Gudang produk- produk merk terkenal. Info ini bisa juragan dapatkan dari website ini dan ini .


GST Refund 7%

Setelah juragan – juragan puas jalan- jalan dan berbelanja, jangan lupa untuk menghitung jumlah belanjaannya dan memperkirakan mana- mana saja yang bisa diminta kembali PPN/ GST nya. PPN ini (atau GST dalam istilah Singapuranya) sebesar 7%, dan pada intinya berlaku untuk pembelian minimum S$100, dan bukan dalam bentuk barang- barang yang bisa habis dikonsumsi atau berupa jasa dan penginapan, ataupun barang untuk keperluan bisnis/ komersial. Jadi barangnya harus bisa juragan bawa ke airport dan tunjukkan ke petugas di sana. Untuk detil lebih lanjutnya juragan bisa baca disini



Demikianlah info seluk- beluk kota Singapura yang mungkin juragan- juragan belum tahu (kalau udah tau ya bagus.. ), dan semoga artikel ini bisa bermanfaat buat juragan semua. 

Dengan perencanaan yang matang maka kunjungan juragan ke Singapura bisa jadi sangat hemat, menguntungkan dan membuka wawasan. 

Bagi kaskuser lainnya yang punya info lebih mangstap tentang gratisan di Singapura, boleh di share, nanti TS taro pejwan 

No comments:

Post a Comment