بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 8 Bencana Alam Landa Pulau Jawa
Go Green

Clock Link

Tuesday, June 5, 2012

8 Bencana Alam Landa Pulau Jawa

sumber: TEMPO.CO

8 Bencana Alam Landa Pulau Jawa  

Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan Jawa adalah pulau yang paling rawan terkena bencana. Menurut Sutopo, Jawa terpapar semua jenis bencana yang umum terjadi di Indonesia.

»Ada 13 bencana yang umum terjadi di Indonesia. Jawa terpapar semuanya,” kata Sutopo di Jakarta, Selasa, 5 Juni 2012.

Adapun 13 bencana yang dimaksud Sutopo terdiri dari delapan bencana alam dan empat bencana sosial. Bencana alam yang merundung Jawa adalah tsunami, gempa bumi, banjir, puting beliung, kekeringan, longsor, erupsi gunung api, serta kebakaran hutan.

Untuk bencana gempa bumi, sekitar 42 juta penduduk yang berada di Provinsi Jawa Barat terpapar risiko gempa. Angka itu paling tinggi dibanding risiko penduduk di provinsi lain. Menyusul berikutnya adalah penduduk Jawa Timur, mencapai 37 juta jiwa, serta Jawa Tengah mencapai 32 juta jiwa.

Risiko dampak bencana di Jawa tergolong tinggi mengingat padatnya penduduk. Sutopo menjelaskan hampir separuh penduduk yang ada di Indonesia bermukim di Jawa. »Dari total 237,6 juta penduduk, 58 persen ada di Jawa,” ujar dia lagi.

No comments:

Post a Comment