بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Roklilo - Robot Kit Line Follower (Komunitas Robot Kaskus eRYe)
Go Green

Clock Link

Tuesday, May 8, 2012

Roklilo - Robot Kit Line Follower (Komunitas Robot Kaskus eRYe)


Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada Mas Bayu sebagai RL regional Yogyakarta atas disetujuinya pembentukan komunitas baru di Kaskus regional Yogyakarta
Kami juga mohon maaf kepada seluruh temen-emen kaskuser eRYe, karena baru selesai hari ini trit komunitas kami


Roklilo

Roklilo adalah singkatan dari Robot Kit Line Follower yaitu komunitas robot di kaskus eRYe yang digawangi oleh tim Pcybers Circuit
disini kami bertujuan untuk mengumpulkan seluruh peminat/ pecinta robot di Yogyakarta khususnya, umumnya diseluruh jagat kaskus. mari bersama-sama kita belajar bersama merancang, mendesain dan merakit robot, khususnya robot kit line follower dan tidak tertutup kemungkinan untuk robot-robot masa depan



sekilas tentang robot

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.
Untuk memahami pengertian robot kita coba untuk menelusuri pengertian robot dari beberapa sumber. Pada kamus Webster pengertian robot adalah
“An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings”
Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah
A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.
Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.
Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:
“A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks”.
International Standard Organization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:
“An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications”.
Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:
Dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
Dapat diprogram,
Dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
Bekerja secara otomatis
Cerdas (intelligent)
Digunakan di industriKonstruksi robot

Robot memiliki berbagai macam konstruksi. Di antaranya adalah:
Robot Mobile ( bergerak )
Robot Manipulator ( tangan )
Robot humanoid
Flying Robot
Robot Berkaki
Robot jaringan
Robot Animalia
Robot cybrog
Robot Kit Line Follower


Pengertian Line Follower Robot (LFR): 

Line Follower Robot (Robot Pengikut Garis) adalah robot yang dapat berjalan mengikuti sebuah lintasan, ada yang menyebutnya dengan Line Tracker, Line Tracer Robot dan sebagainya. Garis yang dimaksud adalah garis berwarna hitam diatas permukaan berwarna putih atau sebaliknya, ada juga lintasan dengan warna lain dengan permukaan yang kontras dengan warna garisnya. Ada juga garis yang tak terlihat yang digunakan sebagai lintasan robot, misalnya medan magnet.


Bagaimana bisa mengikuti garis: 

Seperti layaknya manusia, bagaimana manusia dapat berjalan pada mengikuti jalan yang ada tanpa menabrak dan sebagainya, tentunya karena manusia memiliki “mata” sebagai penginderanya. Begitu juga robot line follower ini, dia memiliki sensor garis yang berfungsi seperti “mata” pada manusia.

Sensor garis ini mendeteksi adanya garis atau tidak pada permukaan lintasan robot tersebut, dan informasi yang diterima sensor garis kemudian diteruskan ke prosesor untuk diolah sedemikian rupa dan akhirnya hasil informasi hasil olahannya akan diteruskan ke penggerak atau motor agar motor dapat menyesuaikan gerak tubuh robot sesuai garis yang dideteksinya.

Pada konstruksi yang sederhana, robot line follower memiliki dua sensor garis (A-Kiri dan B-Kanan), yang terhubung ke dua motor (kanan dan kiri) secara bersilang melalui sebuah prosesor/driver (lihat gambar). Sensor garis A (Kiri) mengendalikan motor kanan, sedangkan sensor garis B (kanan) mengendalikan motor kiri.
Ketika sensor A mendeteksi garis sedangkan sensor B keluar garis ini berarti posisi robot berada lebih sebelah kanan dari garis, untuk itu motor kanan akan aktif sedangkan motor kiri akan mati. Akibatnya motor akan berbelok kearah kiri.
Begitu sebaliknya ketika sensor B mendeteksi garis, motor kiri aktif dan motor kanan mati, maka robot akan berbelok ke kanan.
Jika kedua sensor mendeteksi garis maka kedua motor akan aktif dan robot akan bergerak maju.



Roklilo

Personel: 



Contoh Robot: 






Demi kelancaran dan ketertiban dlm berposting ria, maka semua postingan dapat mengacu pada Peraturan:
Tidak melakukan nge-JUNK.
Tidak melakukan OOT berlebih
Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA + NO DP
Membiasakan menggunakan multiquote untuk mereply postingan lbh dari satu.
Membiasakan kesopanan, kesantunan, dan kalimat positif (seperti berterimakasih, mendoakan kebaikan, memuji, dll)
Harap menggunakan prime ID, alias, tidak menggunakan klonengan.


Bagi yg baru bergabung wajib posting data diri dg format yg telah ditentukan (dibawah).
daftar: 

Nama Asli
ID Kaskus
Alamat
Email
Yahoo Messenger
Link Facebook
foto (harap di spoiler)
Biasakan meminimalis budaya One Liner
DILARANG jualan / pasang iklan...(klo mo jualan silakan ke FJB)


Kegiatan Roklilo bersama Kaskus eRYe

Personel


man of the year: 

 





















---
Kumpul di stand Kaskus

ngumpul bukan ngompol: 





memberi penjelasan: 




bonus igo 

 igo: 

lagi madang: 



penghuni trit Roklilo :
Arie123 [kaskuser yang pendaftar pertama ]

No comments:

Post a Comment