بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: KPFIJ Komunitasnya Pecinta Film Indonesai Jadul
Go Green

Clock Link

Thursday, May 17, 2012

KPFIJ Komunitasnya Pecinta Film Indonesai Jadul


SIapa sih yang tidak pernah melihat film. Pasti semua pernah nonton dong….baik itu film boneka si unyil, film Indonesia maupun juga film Barat. Nah ngomong-ngomong film Indonesia yang berkembang sekarang, tentu tidak terlepas dari film-film Indonesia jaman dahulu alias film klasik atau jadul yang turut serta meramaikan industry perfilman di Indonesia. 


Kegiatan KPFIJ: 


Kalau ngomongin film klasik alias jadul khususnya film Indonesia ingatan kita akan terbawa pada era 70an maupun 80an. Sebut aja film Gita cinta dari SMA, puspa Indah taman hati, atau film-film tahun 80an semacam Catatan Si boy, siapa sih yang tidak mengenalnya. Atau di awal 90an juga ada lho film remaja yang diangkat dari novel, filmnya si Lupus tuh…inget kan gaya lupus sampai kebawa-bawa gaya anak sekolah pada jamannya. 

Nah ngomongin film jadul Indonesia kayaknya gak akan habis deh kalau di kupas satu-satu. Namun yang menarik adalah bahwa menonton film jadul ternyata tidak membosankan, dan jangan kuatir penggemar film Indonesia jadul tidak hanya seorang dua orang saja lho tapi banyak. Dan jangan salah, penggemar film jadul khususnya film Indonesia ada lho komunitasnya. Komunitas yang dimaksud adalah Komunitas Pecinta Film Indonesia jadul alias KPFIJ. 


KPFIJ ini berdiri tepatnya pada tanggal 22 Januari 2010. Berawal dari sebuah blogsite yang beralamat di www.jejakandromeda.com . pada awalnya sebuah tulisan yang mengangkat tema Saur Sepuh yaitu sebuah serial sandiwara radio yang sangat terkenal pada tahun 80an yang kemudian diangkat ke layar lebar sebanyak 5 film akhirnya mampu mengangkat dan mengingatkan kembali ingatan para penggemarnya tentang saur sepuh. Saur Sepuh ini pernah eksis di layar lebar pada tahun 1990an. Nah dari situlah tercipta cikal bakal dari KPFIJ ini. 

Kayaknya cukup membosankan ya kalau kita ngomongin sejarah berdirinya KPFIJ. Nah kali ini yuk kita intip kegiatan apa saja yang pernah dilakukan oleh KPFIJ. 


siaran di Radio: 


Kegiatan utamanya selain bertukar film jadul tentunya, kita juga mengadakan acara nobar alias nonton bareng yang diadakan secara berkala tiap 1.5 bulan. Disamping hal tersebut, kita juga banyak acara off line lainnya. Menariknya di komunitas ini kita bisa saling tukar alias barter film lho, kalau gak ya lebih aman beli. 

Apa sih KPFIJ itu, nah sekarang yuk kita mengenal sedikit tentang KPFIJ : 

ikutan acaranya TVRI: 




suting di O Channel: 


Apa itu KPFIJ
• KPFIJ terbentuk atas inisiasi seorang pecinta film Indonesia jadul 
• KPFIJ merupakan kepanjangan dari Komunitas Pecinta Film Indonesia Jadul, yang anggotanya tersebar dan terbuka untuk seluruh pecinta Film Indonesia baik tua maupun muda. Berbasis Facebook sebagai sarana pemersatu para pecinta film Indonesia yang mayoritas berada di pulau jawa dan Sumatera dan sebagian wilayah Indonesia Tengah seperti Makassar. KPFIJ merupakan sekumpulan manusia pecinta film yang tidak hanya menjadikan film Indonesia sebagai sebuah tontonan saja namun sebagai media untuk untuk menyalurkan hobby. 
• KPFIJ memiliki anggota dari beragam usia yang memiliki kesamaan yaitu sama-sama mencintai film Indonesia terutama film Indonesia lawas atau jadul.
• KPFIJ tidak hanya sebagai sarana untuk pemersatu pecinta Film Indonesia tetapi juga berharap dapat berperan serta dalam upaya untuk menginventarisir dan memberikan sumbangsih untuk kemajuan perfilman di Indonesia


Visi & Misi KPFIJ

Visi
Menjadi Lebih Tahu Tentang Film Indonesia

Misi
• Menghimpun, Menyatukan dan mengakomodir pecinta film Indonesia jadul dalam suatu komunitas melalui berbagai kegiatan yang berhubungan dengan film jadul
• Turut serta melestarikan film-film Indonesia sebagai wujud dari karya bangsa sendiri yang merupakan kekayaaan yang tak ternilai harganya.
• Berbagi ilmu, berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang perfilman dari masa kemasa.
• Sebagai wadah pemersatu para pecinta Film Indonesia jadul yang sudah semakin hari sulit untuk di dapatkan.
Sasaran 
Sebagai wujud kecintaannya akan perfilman Indonesia jadul, sasaran yang ingin di capai adalah mengumpulkan dan mengoleksi sebanyak-banyaknya film-film Indonesia jadul baik yang masih mudah di dapatkan di pasaran maupun sudah sulit untuk didapatkan di pasaran sehingga dapat menambah perbendaharaan pengetahuan tentang perfilman yang pernah ada di Indonesia.


Bintang Tamu Paramitha Rusady: 



Internal 

• Nonton Bareng Film Indonesia jadul sebagai wujud dari kecintaannya akan film-film Indonesia 
• Diskusi dan berbagi pengalaman tentang perfilman Indonesia dengan bintang tamu yang di hadirkan saat nobar.
• Menghadirkan pemain film jadul
• Bertukar koleksi film
• Membuat aneka merchandise Mug, Tshirt, Sticker KPFIJ



Bintang Tamu Dina mariana: 



Eksternal

• Partisipasi dalam Pameran maupun Bazaar 
• Melakukan kerjasama terutama dengan dunia kampus yang ingin mendapatkan informasi tentang film-film Indonesia jadul maupun turut berperan aktif ketika diminta mengisi sebuah seminar.
• Nonton bareng dengan Pihak Luar KPFIJ.

Jaringan Informasi KPFIJ
• Fanspage Facebook : Komunitas Pecinta Film Indonesia Jadul
• Twitter : @kpfij
• Email : kpfij@yahoo.co.id atau bisa hubungi sini gan : 08129087045 /085692900023

Nah bagi yang pengin jadi anggota, gampang banget gan, cukup like di Fanspage FB sudah menjadi anggota pasif, nah kalau pengen jadi anggota aktif, jangan lupa datengin acara-acara yang di adakan oleh KPFIJ.

No comments:

Post a Comment