بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ilustrasi dan ulasan sekitar musibah sukhoi di area jurang Ciapus - Sadel Gunung Salak
Go Green

Clock Link

Sunday, May 13, 2012

Ilustrasi dan ulasan sekitar musibah sukhoi di area jurang Ciapus - Sadel Gunung Salak


Langsung aja gan... Kebetulan teman kami dari pecinta alam Trupala Jakarta ( Aulia dkk) tergabung dalam tim pertama bersama marinir dan posko merah putih, yg berhasil sampai pertama di lokasi musibah.. kemudian berdasarkan report anggota kami di lokasi dan posko SAR serta analisa tim gunung hutan Trupala di Jakarta, maka dapat kami sampaikan beberapa ulasan sebagai berikut:

1. wilayah kejadian secara umum biasa disebut sebagai area jurang ciapus 
2. titik musibah khususnya berada kurang lebih di wilayah punggung tebing sadel gunung gunung salak

ini gan penampakan gunung salak yg biasa kita lihat dari bogor atau dari jalan tol jagorawi juga bisa.. 


gambar 1



lihat nggak kalau gunung salak bukan gunung yg puncaknya mengerucut satu, melainkan seperti ada beberapa puncak.. wilayahnya dari jauh terlihat memanjang 

seperti pelana kuda yg besar ya..



gambar 2: 

tampilan gunung salak dari atas, kalau dilihat dari google earth dan di zooming





gambar 3: 

tampilan area sadel gunung salak dari samping, bayangkan gambar 1 bila kita perbesar sebagiannya, maka akan tampak penampang seperti gambar ini



simbol puncak paling kiri adalah salak satu, di bawahnya ada simbol crash site, dibawahnya lagi ada simbol sungai ciapus, sedangkan di kanan ada tiga simbol kawasan sadel yang membentang dari awalnya di kiri yaitu puncak salak satu hingga berakhir di atas kanan yaitu simbol puncak salak2 



gambar 4 : 

tampilan area sadel dan posisi crash site sukhoi kurang lebih dari atas jalur sukamantri - 1688 - 1902 - salak satu 


di kiri atas ada simbol puncak salak satu, agak di kanan bawahnya simbol tebing jurang tempat crash site sukhoi, kemudian di sebelah kanan puncak salak satu tampak di bawahnya / di balik punggung salak satu yaitu simbol kawasan kawah ratu, kemudian di samping atas kanan kawah ratu juga tampak simbol puncak sumbul, di latar depan ada simbol punggungan sadel yang berawal dari simbol puncak salak satu hingga menuju akhirnya di simbol puncak salak dua di posisi kanan atas




gambar 5 : 
bayangkan bila posisi crash site sukhoi gambar 4 di zooming, nah kira kira seperti beginilah hasil fotonya di lapangan



mudah2an jelas ya guys


Untuk mudahnya para pecinta alam biasa menyebut area sekitar puncak gunung salak sebagai area sadel.. nah di sadel ini ada dua puncak tertinggi di satu sisi disebut puncak salak 1 (2211mdpl) dan satu sisi lagi puncak salak 2 (2150mdpl).. 

juga terdapat beberapa puncak punggungan lagi di sekitar wilayah sadel ini seperti puncak 1902, puncak 2050 dan puncak 2086 mdpl, puncak 1688, puncak 1650, puncak 1750, puncak sumbul dll.. di wilayah inilah, di punggung tebing sadel ke arah puncak salak satu, pesawa Sukhoi naas itu terbentur..

Seluruh puncak2 di gunung salak ini tampak dari jauh dan membuat orang bertanya - tanya: yg mana ya puncaknya? kok, kayak ada puncak di balik puncak? sepertinya setengah dari ketinggian gunung salak sudah tidak tertutup hutan, tapi kenapa ada puncak lagi di balik kerimbunan hutannya?

Karena itulah medan salak sangat bagus untuk pelatihan orientasi medan dan jungle survival. hanya satu jalur yaitu lewat Warung Loa yang menembus puncak salak dua..tapi habis itu kalau mau ke salak satu ya harus hantam traverse naik turun medan curam via area sadel dulu.. 

Nah kalau lewat jalur lain, semisal dari kawah ratu/cimalati, sukamantri, gunung bunder dll, anda juga gak langsung sampai puncak salak satu tapi harus naik turun puncak punggungan dulu, kemudian baru sampai puncak salak satu kemudian melintasi area sadel untuk sampai ke puncak salak dua.

nggak heran kan kalau ada wartawan yg malah harus di SAR ? sudah banyak korban pendaki di gunung salak ini... satu hari lagi wartawan itu gak ketemu, jadi lain deh ceritanya.

Gunung salak juga punya patahan2 punggungan yg mematikan, di mana di bawahnya menanti jurang dalam.. dan patahan terbesarnya ada di wilayah sadel ini (area crash site sukhoi), menjelma jadi jurang terdalam, jurang ciapus yg sebetulnya dasar jurang nya ya ada di sekitar titik awal pendakian jalur sukamantri (700- 900mdpl)... jadi saat kita ada di lokasi sekitar puncak, tinggal tengok aja.. kalau mau cepat turun ke titik awal pendakian tinggal terjun aja.. mungkin hampir 1 kilo deh total tingginya sampai di dasar kali ciapus/ kawasan pinus sukamantri .. he he he.. 

Walau pun ada beberapa teras nya, tapi sebetulnya jurang ciapus ini ya seluruhnya hampir tegak lurus.. Tim Trupala kami pernah berhasil menembus lintasan dari titik awal bawah jurang ciapus munuju sadel sebagai arena pelatihan sebelum ke himalaya.. tapi ya begitu.. tidurnya hanging bivoac, alias bikin camp diarea miring hampir tegak lurus, bergelayutan sambil memperhatikan area pemanjatan yg tiba tiba berubah jadi gulungan air terjun karena hujan besar datang... Untuk itu bila ada yg menyebut tim sar sukhoi mau coba tembus ke lokasi musibah / area sadel dari bawah jurang ciapus, harus di rencanakan matang2 jalur dan waktu pendakiannya.. sangat fatal bila salah perhitungan..


area sadel juga kami buka / rintis pertama kali disekitar tahun 87 - 88, menembus dari salak dua ke salak satu... demikian pula dari pasir pogor menuju puncak 1650, puncak 1750, puncak 2050, puncak 2086 hingga tiba di puncak salak satu 2211 dan turun lewat puncak 1902 menuju sukamantri atau turun langsung dari pncak salak satu lewat rute normal menuju kawah ratu/cimalati. salah satu anggota tim sar kami di gunung salak (saudara Aulia dari Trupala Jakarta) juga pernah merintis jalur dari salak dua menuju gunung sumbul dan turun di kawah ratu.

Oh ya sedikit info plus plus : kalau ada tentara ngimpi lagi tidur di ganggu di puncak salak satu dan di area sekitarnya, ya itu biasa aja... lah itu puncak salak satu kan ada beberapa kuburan kuno.. bahkan jalur cimalati-puncak salak adalah jalur peziarah sejak jaman kerajaan kuno... udah ijin belum? maen tebang tebang aja sih buat helipad... terus ditambah capek fisik.. ya wajar dong kalau bisa meeting sama yg nggak2... ha ha .. just kidding 

Begitu dari saya sedikit berbagi cerita ilustrasi .. yah,, sebetulnya tinggal dikit lagi ya itu pesawat lolos dari punggung tebing sadel / jurang ciapus. tapi kondisi alam tidak memungkinkan.. gunung salak setiap hari hampir selalu ditutupi kabut dan hujan lebat (Alhamdulillah, kan suplai air buat jakarta dan sekitarnya).. kabut dan hujan yg tidak bisa ditembus oleh pandangan sang pilot... pilot yg sedang membawa salah satu teman, Ganis Arman.... Allah punya kehendak mutlak yg pasti melebihi seluruh upaya manusia..

Mari kita bantu sesama kita.. dan jangan lupa siapkan fisik dan perbekalan kalau ingin partisipasi dalam tim SAR.. kalau nggak pede, udah back up di bawah aja deh.. yg penting sama2 bermanfaat..

Gunung salak merupakan tantangan yg rumit bagi pendaki gunung.. hutan dan puncak gunung salak memang terlihat jelas dari bawah, tapi sungguh di dalam hutan gunung salak tidak mudah melihat ke puncak atau kaki gunung, apalagi menuju titik awal pendakian bila kita tersesat. jurang dalam dan patahan punggungan siap menjatuhkan pendaki yang lengah dan ceroboh.. punggungannya sangat tipis dan berbahaya, alamnya sering hujan dan berkabut.. dan selayaknya hutan tropis indonesia di atas 1500mdpl lainnya, suhu sampai 5cm di atas permukaan tanah jatuh saat malam hari dan puncak bawahnya adalah saat menjelang pagi jatuh hingga 0 derajat celcius.. gunakan alas tidur yg memadai bila tidak ingin kehilangan panas tubuh akibat tidur langsung di permukaan tanah... STAY SAFE and OK guys

silahkan dikoreksi bila salah.. dan gambaran situasi gunung salak adalah benar adanya dan tidak di lebih lebihkan.. Gunung Salak dari kata SI ALAK , bermakna si penjaga bagi kawasan bogor dan sekitarnya, wilayah yg dulunya merupakan wilayah kerajaan bumi pajajaran kuno

Adriboy Trupala Jakarta

No comments:

Post a Comment