بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Larangan Meniup Air Panas Saat Minum - Hadist Nabi
Go Green

Clock Link

Wednesday, April 25, 2012

Larangan Meniup Air Panas Saat Minum - Hadist Nabi



Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)
Pernahkah kaian berfikir mengapa hal tersebut dilarang? Apakah itu membahayakan bagi tubuh kita?
Yuk, kita cari jabawabannya.. ^___^

Alhamdullilah, aq pernah membaca sebuah artikel di facebook tentang penjelasan-penjelasan ilmiah tentang reaksi yang ditimbulkan jika senyawa air dan karbondioksida menyatu. Dari situlah aq ingin sharing akan hal tersebut. Memang, jika secara logika tidak ada yang salah tentang meniup air panas di saat minum. Namun, Al hadist telah menerangkan bahkan hal tersebut dilarang keras dan secara ilmiah pun berkata juga melarang. Karna jika meniup air panas, nanti struktur molekul dalam air akan berubah menjadi zat asam yang membahayakan kesehatan. Dan ternyata dalam penelitian dan analogi Science modern, jika air panas (H2O) bertemu karbondioksida (CO2) yang dihembuskan oleh mulut (manusia mengeluarkan CO2), maka akan menghasilkan persenyawaan H2CO3, asam karbonat. Dan jika asam karbonat ini masuk kedalam tubuh manusia, maka bila prosesnya berlangsung terus menerus dpt memberikan efek kurang baik bagi tubuh kita.
Nah, terjawab sudah akan efek negatif dari meniup air panas saat minum. So, jangan ditiup jika airnya panas. Tunggu aja sampai dingin :)

No comments:

Post a Comment