بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lima Fakta Misteri dari Mesir Kuno
Go Green

Clock Link

Friday, June 9, 2017

Lima Fakta Misteri dari Mesir Kuno


WowKeren.com - Setiap bangunan cagar budaya yang dilestarikan selalu mengundang banyak tanya. Misalnya Candi Borobudur dan Prambanan. Nah tak hanya di Indonesia, rupanya Mesir kuno pun begitu.

Saat berbicara mengenai Mesir Kuno, pasti Piramida dan Sphinx akan muncul dalam benakmu? Dari segi ilmu pengetahuan selalu muncul penemuan baru yang menakjubkan sehingga menimbulkan banyak pertanyaan lagi. Berikut ini 5 misteri dari Mesir Kuno yang baru ditemukan:


Kamar Tersembunyi di Piramida Agung Giza


Pada tahun 1993 lalu, robot dari ilmuwan yang dinamakan Upaut 2 menemukan sebuah pintu kecil di terowongan di bagian selatan Piramida dan di belakangnya ditemukan ruang kosong. Setelah itu juga ditemukan pintu lainnya.

Kemudian pada tahun 2010, robot modern Djedi mengambil foto dari luar pintu pertama dan terlihat ada pegangan tembaga dan juga semacam tanah lunak yang telah teroksidasi besi.

Padahal selama 9 tahun diketahui tak ada yang masuk ke dalam terowongan itu tapi disana malah terdapat banyak goresan baru di dinding dan juga langit-langit.


Usia Piramida


Inventory Stela ditemukan di Giza pada abad ke-19 lalu dan menyatakan bahwa Khufu memerintahkan untuk memulihkan Sphinx dan bukannya membangunnya. Sebab saat itu alur-alur di tubuh Sphinx terkena erosi yang memakan waktu hingga 8 ribu tahun.

Setelah itu diketahui, banyak ilmuwan meragukan usia sebenarnya dari Piramida Agung karena diketahui Sphinx berusia jauh lebih muda dari Piramida Agung.


Misteri Termal dari Piramida Agung


Penelitian termografi inframerah di tahun 2016 lalu menunjukkan adanya lubang yang tak dapat dijelaskan di bagian bawah Piramida Agung dan juga di dekat puncaknya.

Padahal lubang di bawah seharusnya merupakan ruang yang belum berdasar atau lorong bawah tanah. Sampai saat ini pun Kementerian Urusan Purbakala Mesir masih belum memberikan tanggapan.


Teknologi Konstruksi Piramida


Seorang ahli kimia Joseph Davidovits menyatakan bahwa blok batu dari Piramida dibuat tepat di atas satu sama lainnya sehingga itu dapat menjelaskan mengenai berat dan kurangnya celah diantara blok batu tersebut. Dia juga menyatakan bahwa Piramida dibangun dari tanah liat yang kemudian dibakar hingga bisa menjadi sekeras batu alam.

Namun ahli geologi dan ahli palenteologi berpendapat bahwa blok batu tersebut merupakan batuan sedimen yang telah diproses. Sehingga hal itu sangatlah bertentangan dengn teori dari Davidovits tadi.


Kutukan dari Makam Tutankhamun


Tutankhamun adalah Firaun dari Dinasti ke-18 dan makamnya masih menyimpan banyak misteri. Pada tahun 1922, Howard Carter mengadakan ekspedisi dan mempelajari makam tersebut.

Saat itu dia menemukan sebuah plakat berisi teks tentang hukuman mengerikan yang akan terjadi setelah ada seseorang yang membuka makam yang telah ditutup rapat tersebut. Howard pun tak mempercayainya hingga pada tahun 1930 ada laporan yang menyatakan ada 22 kematian diantara orang yang ikut membuka makam tersebut.

Meskipun masih belum ada penjelasan pasti tentang "kutukan" tersebut tapi ada satu teori yang menyatakan adanya racun di dinding dan sarkofagus dalam makam tersebut.

Itulah kelima fakta misteri dari Mesir kuno yang selalu menimbulkan tanya dan bikin penasaran. Buat kamu yang suka sejarah, piramida dan kawan-kawan selalu menarik perhatian. (wk/kr)

No comments:

Post a Comment