بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kisah Haru Wanita Muslim Merawat Pria Hindu hingga Ritual Akhir
Go Green

Clock Link

Thursday, July 7, 2016

Kisah Haru Wanita Muslim Merawat Pria Hindu hingga Ritual Akhir

Yakubi melakukan ritual akhir ritual akhir Keerthi Srinivas di krematorium Hanamkonda. Foto: dc

SEORANG wanita bernama Yakubi mendadak menjadi pembicaraan di dunia maya, setidaknya di India. Banyak komentar simpati melayang ke Yakubi. Apa yang telah dia kerjakan, sungguh mengharukan.

Rabu (6/7) di saat seluruh umat Islam merayakan hari kemenangan, Idul Fitri, Yakubi melakukan ritual pemakaman seorang tua bernama Keerthi Srinivas di Hanamkonda, Telangana, India. Pria Tua ini beragama Hindu.

Dua tahun lalu, Yakubi bersama suaminya, Chotu yang mengelola Sahrudaya Old Age Home, menemukan Srinivas tergeletak di pinggir jalan di sekitar depot bus Hanamkonda. Pasutri ini tergugah. Mereka membawanya pulang.

Srinivas seorang miskin. Selain sejumlah penyakit, dia juga lumpuh. Yakubi dan Chotu mengobati, merawatnya bak mengabdi ke orangtuanya sendiri. Selasa (5/7) malam, Srinivas meninggal.

"Kami memiliki nomor kontak dari salah seorang saudaranya yang mengunjunginya sekali atau dua kali. Kami memintanya untuk melakukan ritual akhir. Namun dia (keluarga Srinivas) menolak, karena telah menjadi Kristen," kata Yakubi, seperti dilansir Deccan Chronicle, Kamis (7/7).

Keluarga Srinivas mengaku tidak bisa melakukannya. "Karena kami merawatnya hingga hari ini, mereka meminta kami untuk mengurus mayat juga. Jadi, saya memutuskan untuk melakukan ritual sendiri. Hari ini saya melayani dia untuk terakhir kali. Saya merasa bersyukur. Dia seperti ayah saya sendiri," ujar Yakubi.

"Dia ditinggalkan oleh keluarganya. Kami membawanya ke rumah kami dua tahun yang lalu. Dia telah bersama kami sejak saat itu," imbuh Chotu. Yakubi memutuskan melakukan ritual pemakaman dengan keyakinan Srinivas, di tempat krematorium Hanamkonda.(adk/jpnn)

No comments:

Post a Comment