بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Review Redmi Note
Go Green

Clock Link

Tuesday, November 11, 2014

Review Redmi Note

Redmi Note merupakan jawaban dari Xiaomi untuk menantang phablet-phablet dari produsen lain seperti Himax Polymer, Samsung Galaxy Note, Lenovo S960, Asus Zenfone 6, Xperia Z Ultra, dan masih banyak lagi.
Sebelum membahas lebih lanjut, sebagai informasi, produk yang saya review kali ini bukanlah unit review melainkan unit resmi yang saya beli dari salah satu website e-commerce di Indonesia. Karena kurang sabar, saya membeli produk ini jauh hari sebelum Xiaomimengumumkan kedatangan Redmi Note pada tanggal 13 November. Nantinya Redmi Note akan dibanderol dengan harga Rp 2 juta sedangkan saya mendapatkan phablet ini dengan harga Rp 2,3 juta. Bisa dibilang harga yang cukup pas mengingat produk ini belum tersedia secara resmi di Indonesia. Berikut adalah ulasannya.
Unboxing
Saya akan mulai review ini dengan proses unboxing. Terdapat dua box dalam paket penjualan yang saya terima, satu box kecil berisi charger dan satunya lagi berisi Redmi Note. Oh ya, walau terlihat sangat sederhana dengan balutan warna coklat, box-nya sangat kuat dan berkualitas. Lalu tanpa basa-basi saya langsung membukanya. Kesan pertama yang saya rasakan pertama kali melihat phablet ini adalah, “Wow! ukurannya cukup besar”, mengingat saat ini saya menggunakan Asus Zenfone 4 dengan ukuran layar empat inci yang sangat pas untuk digenggam.
Kemudian dengan rasa penasaran saya mengangkat phablet ini dari tempatnya. Oh ya, di bagian layar terdapat sticker pelindung sementara dan terdapat pemberitahuan untuk melepaskannya sebelum menggunakan. Bagian belakang phablet ini ternyata cukup menawan dengan warna putih dan lapisanglossy, membuat Redmi Note terkesan sedikit mewah saat digunakan. Awalnya saya merasa agak aneh karena bobotnya sangat ringan, kemudian saya sadar kalau phablet ini belum terisi baterai. Saya kemudian membuka kotaknya lagi dan di bagian bawah terdapat kabel, buku panduan, dan baterai dengan kapasitas 3,200 mAh yang dibalut warna orange. Sayangnya saya tidak menemukan headsetsama sekali dalam paket penjualannya. Tampaknya ini merupakan strategi pemasaran, karena Xiaomi juga menjual earphone secara terpisah yang juga telah dijual di beberapa toko online di Indonesia.

Desain
Saya kemudian membuka cover belakang phablet ini untuk memasukkan baterai. Diawali dari bagian bawah tepat dimana lubang charger berada yang sekaligus menjadi celah untuk membukanya. Mengingat ukurannya yang cukup besar, saya membukanya secara berlahan-lahan satu demi satu mengikuti pinggiran phablet ini.
Setelah berhasil melepaskan, cover belakang ternyata cukup bagus, tidak terlalu tebal dan juga tidak tipis. Di bagian dalamnya selain tempat meletakkan baterai, terdapat dua slot kartu SIM dan satu slot penyimpanan tambahan berjenis microSD dengan kapasitas maksimal sebesar 32 GB. Oh ya, uniknya di saat smartphone Android sekarang menggunakan kartu SIM bertipe micro, Redmi Note tetap mempertahankan bentuk mini SIM.
Namun, ternyata walau mendukung dual SIM, tidak keduanya mendukung jaringan WCDMA atau 3G, jadi mau tidak mau Anda dipaksa untuk memanfaatkan satu kartu untuk akses internet dan satu kartu lagi khusus untuk melakukan telepon dan SMS karena hanya mendukung jaringan GSM. Sayangnya ketiga slot ini tidak berjenis hot-swapable, artinya Anda mau tidak mau Anda harus membuka baterai terlebih dahulu sebelum bisa mengakses ketiga slot tersebut.
Seperti perangkat android pada umumnya, Redmi Note memiliki tiga soft key yaitu tombol menu paling kiri, tombol home di bagian tengah, dan tombol back di bagian kanan. Menariknya ketiga tombol ini akan menyala dengan warna merah saat digunakan sehingga tidak perlu kebingungan saat menggunakan di tempat yang gelap.
Perangkat ini memang cukup besar khususnya bagi saya yang terbiasa dengan perangkat mungil. Walau bisa dipegang dengan satu tangan saya merasa agak sulit menggunakannya seperti untuk mengakses notifikasi atau mengakses menu-menu yang berada di bagian atas. Sehingga mau tidak mau harus memegangnya dengan dua tangan.

MIUI

miui1
Oke baterai sudah terpasang, saya kemudian menekan tombol power yang terletak di bagian kanan tepat di bawah deretan tombol volume. Menunggu kurang dari satu menit, lagi-lagi saya terkesima, kali ini disebabkan dengan tampilan user interface Redmi Note yang menggunakan ROM MIUI. Sangat berbeda dengan user interface Android pada umumnya.
Beberapa pengaturan perlu dilalui terlebih dahulu seperti pengaturan bahasa, keamanan, koneksi internet, dan lainnya sebelum akhirnya masuk ke tampilan utama. Dan “wow”, semua ikon aplikasi terlihat sangat jelas karena ukurannya yang cukup besar. Sangat jauh berbeda dengan Zenfone 4 yang saya gunakan saat ini.
Bagi Anda yang belum pernah melihat tampilan MIUI. ROM ini benar-benar beda mulai dari tampilan, fitur, tata letak aplikasi, notifikasi, dan lainnya. Xiaomi benar-benar memberikan pengalaman menggunakan Android yang berbeda dari biasanya. MIUI yang didapat adalah versi 5 yang mana masih menggunakan basis Android 4.2 atau Jelly Bean. Dan saat menggunakan saya terhubung ke internet melalui wifi dan langsung mendapatkan notifikasi untuk memperbaharui MIUI. Namun pembaharuan tersebut tidak terlalu signifikan hanya berupa pembaharuan untuk keamanan sistem.
Walaupun masih baru, ternyata Redmi Note telah dibekali banyak aplikasi bawaan yang cukup bermanfaat seperti Themes, Mi Cloud, Torch, Scanner, Compass, Security dan juga aplikasi dari Google sendiri yang cukup lengkap mulai dari Play Store, Gmail, YouTube, Maps, Play Music, dan masih banyak lagi.
Saya pribadi sangat menyukai tampilan dari MIUI karena sangat “simpel dan elegan”. Xiaomi tampaknya sangat memperhatikan area ini dengan menyisipkan aplikasi Themes yang tentunya digunakan untuk mengganti tampilan MIUI. Saat membuka aplikasi tersebut saya menemukan banyak tema yang harus di-download terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Dengan penasaran saya langsung mencoba men-download salah satu tema. Hanya memerlukan waktu beberapa detik dan tema yang telah di-download bisa ditemukan pada opsi Local yang terletak di bagian paling kanan. Ternyata hanya memerlukan waktu beberapa detik mengganti tema dan “voila” semua tampilannya langsung berubah mulai dari ikon-ikon, aplikasi, Home screen, Lock screen, hingga tampilan notifikasinya. Jadi apabila bosan, Anda bisa dengan mudah mengganti tampilan Redmi Note.

Performa dan kualitas layar

Kemudian dengan rasa penasaran saya lanjut meng-utak-atik phablet ini dan memastikan semuanya berjalan lancar. Saya merasakan perbedaan performa yang sangat signifikan ketika menggunakan Redmi Note jika dibanding Zenfone 4 yang saya gunakan saat ini. Membuka aplikasi, kembali ke home, membuka aplikasi lain, dan beralih ke aplikasi lainnya, semuanya berjalan cepat dan lancar.
Sebagai informasi ada dua jenis Redmi Note yaitu dengan prosesor berkecepatan 1,4 Ghz dan 1,7 Ghz. Sedangkan unit yang saya dapatkan adalah Redmi Note dengan spesifikasi lengkap prosesor octa-core MediaTek 1,7 GHz, RAM 2GB, dan dilengkapi dengan GPU Mali-450. Untuk menjajal kemampuan RAM-nya saya mencoba menjalankan banyak aplikasi sekaligus hingga hanya tersisa RAM sebanyak 200 MB dan ternyata peformanya tetap lancar, saya tetap bisa beralih ke aplikasi lain dengan lancar.
Lalu saya mencoba kemampuan prosesornya dengan mencoba beberapa game HD seperti Stay Alight, Asphalt 8: Airbone, dan Batman Arkham Origin. Saya awalnya agak ragu apakah Redmi Note bisa menjalankan game tersebut mengingat phablet ini termasuk dalam produk kelas mid-end yang di banderol dengan harga Rp 2 juta. Dan ternyata dugaan saya salah, semua game tersebut berjalan dengan lancar dan saya tidak mengalami lag sama sekali.
Namun walau berjalan lancar, kualitas GPU kurang memuaskan karena dalam game Batman kualitas gambarnya kurang bagus. Tidak hanya sampai di situ saya kemudian mencoba performanya melalui aplikasi benchmark yang umum digunakan yaitu Antutu dan 3Dmark. Berikut adalah hasilbenchmark-nya:
antutu-3dmark
Dengan ukuran 5,5 inci Redmi Note merupakan perangkat yang tepat untuk menonton video. Untuk itu saya juga mencoba memutar beberapa video dengan resolusi 1080p dan 720p serta beberapa video HD pada YouTube. Hasilnya cukup memuaskan mengingat resolusi layar hanya 1280x720p dan mempunyai kerapatan piksel sebesar 267 ppi.

Kamera, speaker, dan daya tahan baterai

Salah satu spesifikasi menarik yang ditawarkan Redmi Note adalah kamera yang memiliki spesifikasi 13 megapiksel untuk kamera belakang dan spesifikasi yang cukup tinggi untuk kamera depan yaitu 5 megapiksel. Saat membuka aplikasi kamera saya cukup terkesan dengan kualitas kameranya karena gambar yang ditampilkan cukup tajam dan terang. Aplikasi kamera bawaannya sangat sederhana dan hanya memberikan fitur-fitur dasar seperti Panorama, HDR, flash, dan lainnya.
Tanpa basa-basi saya kemudian mencoba mengambil beberapa gambar. Terdapat sedikit lag saat mengambil gambar dan tombol volume bisa berfungsi untuk zoom in/out. Namun saya tidak menyarankan menggunakan fitur ini karena hasilnya sangat mengecewakan. Saya rasa hal ini karena sistem zoom-nya adalah digital bukan optical. Artinya phablet ini menggunakan kemampuan software untuk melakukan zooming dan bukan menggunakan kemampuan lensanya. Berikut adalah beberapa hasil jepretan kamera Redmi Note.
Resolusi kamera yang dimiliki memang cukup besar, namun kualitas gambar yang dihasilkan sangat standar. Akurasi warna pun kurang maksimal walau sudah menggunakan fitur HDR. Selain itu letak kamera menurut saya kurang pas. Karena letaknya yang terlalu di pinggir, saat menggunakan pada tampilan landscape kamera sering tertutup oleh jari tangan.
Oh iya Redmi Note juga memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas 1080p. Saat dicoba kualitas videonya cukup bagus namun karena tidak memiliki kemampuan image stabilization, video yang dihasilkan menjadi goyang. Berikut adalah hasil videonya:
Tidak lupa saya juga mencoba kamera depannya dan ternyata kualitasnya sangat bagus bahkan saat digunakan di tempat yang minim cahaya. Jadi Redmi Note menjadi pilihan yang tepat apabila Anda suka ber-selfie-riaSetelah mencoba kualitas kamera, saya lanjutkan dengan menguji bagian speaker dengan memutar beberapa lagu dan video. Lubang speaker terletak di bagian belakang di bawah logo MI jadi terkadang secara tidak sengaja akan tertutup tangan. Kualitas speakernya cukup nyaring tapi suaranya tidak terlalu besar.  Sangat disayangkan walau memiliki ukuran fisik besar, Redmi Note tidak dilengkapi dengan suara speaker yang besar. Setelah beberapa hari menggunakan, dengan kapasitas baterai 3.200 mAh, Redmi Note memiliki daya tahan yang sangat memuaskan. Sehari-hari saya menggunakan untuk browsing, menonton beberapa video melalui YouTube, membuka media sosial, dan sesekali bermain game. Redmi Note sanggup bertahan lebih dari sehari sehingga saya tidak perlu khawatir lagi untuk selalu mengisi daya baterai.

Alternatif

Membandingkan Redmi Note dengan Zenfone 4 yang biasa saya gunakan bukanlah tandingan yang tepat. Pada kisaran harga yang sama kompetitor Redmi Note adalah Himax Polymer, Evercoss Elevate Y2, dan Mito Fantasy U A60. Berikut adalah tabel perbandingannya:
Himax PolymerXiaomi Redmi NoteEvercoss A80A Elevate Y2Mito Fantasy U A60
Ukuran layar5 inci5.5 inci5 inci5 inci
Resolusi layar1280 x 7201280 x 7201280 x 7201280 x 720
Kamera belakang13 MP13 MP13 MP13 MP
Kamera depan5 MP5 MP5 MP5 MP
Prosesor1.7GHz MediaTek MT6592 (octa-core)1.7GHz MediaTek MT6592 (octa-core)1.7GHz MediaTek MT6592 (octa-core)1.2GHz Snapdragon 400 (quad-core)
RAM2GB2GB1GB1GB
GPUMali-450Mali-450Mali-400Adreno 305
Baterai2500 mAh3200 mAh2000 mAh2000 mAh
Versi AndroidAndroid 4.4Android 4.2Android 4.2Android 4.4
Harga di IndonesiaRp 2.000.000Rp 2.000.000Rp 2.300.000Rp 1.600.000
Saingan terdekat dari Redmi Note adalah Himax Polymer dengan harga yang sama dan spesifikasi yang sangat mirip. Namun Redmi Note memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih banyak. Selain itu sebagaimana yang dikabarkan sebelumnya, saat ini Xiaomi telah memiliki 14 service center jika dibandingkan dengan Himax yang hanya memiliki satu service center. Jadi dua hal ini bisa digunakan sebagai pertimbangan Anda sebelum membeli phablet ini.

Kesimpulan

Redmi Note merupakan jawaban dari Xiaomi untuk menantang produsen lain yang telah merilis perangkat phablet terlebih dahulu. Apabila Anda ingin beralih dari smartphone dan ingin mencari perangkat yang ukuran yang lebih besar. Dengan harga yang terjangkau dan performa yang memuaskan Redmi Note bisa menjadi pilihan yang tepat. Kualitas kameranya pun cukup menggoda dan sangat cocok bagi Anda yang suka selfie

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan

  • Cover belakang dengan lapisan glossy
  • Kualitas kamera cukup memuaskan
  • Rasio harga dan peforma yang sepadan

Kekurangan

  • Suara speaker kecil
  • Kartu memori dan SIM tidak mudah di akses
  • Letak kamera yang kurang pas
(Diedit oleh T. R. Husada)
s

No comments:

Post a Comment