بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kartu Indonesia Sehat Jokowi bisa Membuat Negara Bangkrut
Go Green

Clock Link

Friday, August 15, 2014

Kartu Indonesia Sehat Jokowi bisa Membuat Negara Bangkrut

Kartu Indonesia Sehat Jokowi bisa bikin negara bangkrut
MERDEKA.COM. Program Kartu Indonesia Sehat milik presiden terpilih Joko Widodo bakal membuat negara bangkrut, jika dijalankan dengan konsep subsidi.
Hal tersebut dikatakan oleh Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati kepada merdeka.com, di Jakarta, Kamis (14/8). "Kartu sehat Pak Jokowi itu polanya subsidi. Kalau begini memang negara bangkrut."
Menurutnya, program serupa sudah pernah dijalankan oleh negara di Eropa dan terbukti membangkrutkan. Negara tersebut dalam gelembung subsidi yang kian membesar, sementara produktivitas masyarakatnya terus menurun.
Program itu berbeda dengan jaminan kesehatan yang dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program jaminan kesehatan milik BPJS Kesehatan dinilainya tidak akan memberatkan anggaran negara di kemudian hari.
"Kalau BPJS bentuknya asuransi yang dapat dipercaya. BPJS mampu meningkatkan produktivitas masyarakat." katanya.
Atas dasar itu, Enny berharap Jokowi mengoreksi program KIS, jika resmi menjadi presiden Indonesia 2014-2019. "Nanti bisa dikoreksi, nanti koreksi bersama lah."

No comments:

Post a Comment