بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Upload Foto Makan Monyet di Facebook, David Phiat Dikecam
Go Green

Clock Link

Monday, July 14, 2014

Upload Foto Makan Monyet di Facebook, David Phiat Dikecam


Upload foto makan monyet di Facebook, pria diduga Polhut dikecam

MERDEKA.COM. Aktivis lingkungan dan konservasi satwa mengecam tindakan pemilik akun Facebook, David Phia yang diduga oknum anggota Polisi hutan (Polhut) karena mengunggah foto aksi menyembelih monyet. Advisor Program Satwa dari Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki (PPST) Simon Purser langsung melakukan protes keras atas tindakan tidak terpuji tersebut.

"Kami sangat menyayangkan masih banyak orang yang belum paham mengenai Undang-undang konservasi satwa liar padahal Undang-undang tersebut sudah diterbitkan sejak 1990. Akibatnya, tindakan mempertontonkan aktivitas ilegal di ranah publik seperti Facebook menjadi sesuatu yang biasa dilakukan masyarakat," ujar Simon kepada wartawan, Senin (14/7).

Dilanjutkannya, saat ini, monyet yang biasa disebut yaki oleh masyarakat lokal Manado merupakan hewan endemik Sulawesi Utara yang terancam punah karena populasinya yang tinggal sedikit. Selain itu, primata yang satu ini masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

Selain itu, dirinya mengingatkan, sangat berbahaya bagi manusia ketika bersentuhan langsung dengan monyet. "Ada berbagai parasit dan virus pada primata ini yang dapat menjangkiti manusia," jelasnya.

Untuk itu Simon mengimbau pemerintah dan aparat penegak hukum untuk dapat bertindak lebih tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran hukum yang dilakukan termasuk perlindungan satwa liar. Ironisnya, pemilik akun facebook yang diketahui bernama David Phia diduga seorang anggota Polhut yang seyogyanya memberikan contoh yang baik tentang upaya konservasi satwa kepada masyarakat.

Dalam album fotonya di jejaring sosial tersebut, terlihat beberapa gambar David yang berseragam Polhut. Selain itu, terdapat pula beberapa pembicaraan yang mengindikasikan pekerjaannya sebagai Polhut. Yang memiriskan lagi, pada foto yang lain, dipertontonkan juga proses memasak daging monyet tersebut.

No comments:

Post a Comment