بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: IBM akan melepas 13.000 pegawainya, dimulai dari India
Go Green

Clock Link

Friday, February 14, 2014

IBM akan melepas 13.000 pegawainya, dimulai dari India

IBM pecat 13000 pegawai

IBM (dan juga industri IT) mengawali tahun 2014 ini dengan buruk. Menurut WRALTechWire, perusahaan ini dilaporkan memecat 13.000 pegawai dari operasi globalnya.

Pemecatan ini sedang berlangsung di India, dengan satu orang pegawai menyebutnya sebagai “pembantaian”. Dalam beberapa kasus, beberapa pegawai diminta untuk mengembalikan laptop kantor dan meninggalkan kantor dalam waktu dua jam. 

Rencana IBM dalam mengurangi jumlah pegawainya ini — disebut sebagai ”resource action” (RA) — terungkap dua minggu lalu. Tapi IBM belum menyatakan berapa banyak pekerjanya yang akan dilepas dalam gerakan tersebut. Gerakan ini sendiri sebagian besar ditargetkan ke bisnis hardware IBM yang disebut System Technology Group (STG) dan merupakan bagian dari akuisisi server low-end oleh Lenovo sebesar USD 2,3 miliar baru-baru ini

WRALTechWire yakin bahwa unit STG milik IBM India adalah unit pertama yang menghadapi rencana pengurangan tenaga kerja perusahaan ini. Ditakutkan akan ada 2.000 pegawai IBM di India yang akan dilepas, termasuk di level managerial-nya. Dari 430.000 orang total pegawainya secara global, unit IBM di India memiliki sekitar 100.000 orang pegawai, paling banyak untuk di luar Amerika. 

Mengingat bahwa IBM punya pengaruh besar di dunia teknologi dan bisnis di India, pemecatan massal ini bisa berdampak besar pada beberapa perusahaan teknologi lain di negara ini. Dan yang lebih penting lagi, ini mengindikasikan bagaimana kondisi dan apa saja yang sudah dialami industri IT saat ini secara global sejauh ini.

(Sumber: WRALTechWire; gambar: Wikimedia)

No comments:

Post a Comment