بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Skandal SKK Migas, Jero Wacik Dibidik
Go Green

Clock Link

Sunday, August 25, 2013

Skandal SKK Migas, Jero Wacik Dibidik

Skandal SKK Migas, Jero Wacik Dibidik

TEMPO.CO, Jakarta--Menteri Jero Wacik tampaknya mengabaikan tujuan suci mengeksploitasi minyak dan gas. Sesuai dengan konstitusi, harta karun dalam perut bumi ini mesti dikuasai oleh negara dan digunakan semaksimal mungkin buat kemakmuran rakyat. Pengingkaran atas prinsip inilah yang membuat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu disorot. Ia pun semakin tersudut setelah Rudi Rubiandini tertangkap basah menerima suap dari kontraktor penjualan migas.

Majalah Tempo edisi Senin 26 Agustus 2013 menurunkan laporan utama: Jero Wacik Dibidik. Rudi, yang telah dicopot sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), juga lalai. Ia seharusnya menjaga agar jatah minyak mentah pemerintah dari pembagian hasil dengan kontraktor bisa memberikan pemasukan sebesar-besarnya bagi negara. Tujuan ini tidak mungkin tercapai bila tender penjualannya tak transparan. Ia bahkan diduga menerima suap miliaran rupiah dari perusahaan minyak Kernel Oil Pte Ltd, yang diplot sebagai pemenang tender.

Bukti telak itu membuat Rudi susah berkelit. Beberapa gepok dolar Amerika Serikat ditemukan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi ketika menggeledah rumah dinas Rudi dan tersangka lain, beberapa waktu lalu. Di sana ditemukan duit US$ 400 ribu, US$ 90 ribu, dan Sin$ 127 ribu yang diduga berasal dari Kernel.

Menteri Jero seharusnya merasa malu. Apalagi banyak orang telanjur berharap korupsi di sektor migas akan berkurang setelah Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) dibubarkan Mahkamah Konstitusi pada November tahun lalu. Selain sebagai ketua komisi pengawas lembaga ini, Jero pula yang mengusulkan kepada Presiden agar Rudi diangkat sebagai kepala satuan kerja khusus itu. Struktur organisasinya pun disusun Kementerian Energi.

Lembaga yang digadang-gadang bisa membawa perubahan itu, celakanya, sami mawon. Ternyata SKK Migas tak jauh berbeda dengan BP Migas, dianggap sebagai sarang korupsi triliunan rupiah setiap tahun. Borok serupa ternyata terungkap di Kementerian Energi. Tak lama setelah menangkap Rudi, KPK menyita duit US$ 200 ribu dari ruangan Waryono Karno, sekretaris jenderal di kementerian ini. Duit senilai Rp 2 miliar lebih ini diduga juga berasal dari Kernel. Indikasinya, nomor seri duit itu berurutan dengan lembaran dolar yang disita di rumah Rudi!

No comments:

Post a Comment