بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Raja Pakubuwono XIII Disandera?
Go Green

Clock Link

Tuesday, August 27, 2013

Raja Pakubuwono XIII Disandera?

Raja Pakubuwono XIII Disandera?

TEMPO.CO, Solo - Raja Solo, Pakubuwono XIII Hangabehi dikabarkan disandera oleh dewan adat di dalam keraton. Oleh karenanya, pintu Keraton Surakarta didobrak pada Senin malam, 26 Agustus 2013.

Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta Komisaris Besar Asdjima'in mengatakan pendobrakan itu merupakan perintah Pakubuwono XIII. Hanya saja, dia belum tahu persis alasan PB XIII mengeluarkan perintah tersebut.

"PB XIII sendiri yang memerintahkan pendobrakan itu," kata Asdjima'in. Pada saat itu PB XIII berada di dalam keraton. Kubu PB XIII mengklaim bahwa raja disandera oleh dewan adat di dalam keraton. Pintu keraton menuju Sasana Putra didobrak dengan menabrakkan mobil jenis Hardtop warna putih. Mobil tersebut diketahui milik Begug Purnomosidi, salah satu orang kepercayaan PB XIII.

Asdjima'in menolak menjelaskan tindakan yang akan diambil atas pendobrakan tersebut. Meskipun, pendobrakan itu membuat pintu menuju bangsal Sasana Putra rusak. Bangunan tersebut merupakan cagar budaya. "Kami lebih mengedepankan upaya penyelesaian konflik terlebih dahulu," katanya.

Kubu dewan adat membantah keras bahwa mereka telah menyandera raja di dalam keraton. Menurut salah satu kerabat, Satryo Hadinagoro, akses ke Sasana Putra memang terkunci. "Namun kuncinya dibawa sendiri oleh PB XIII," katanya.

No comments:

Post a Comment