بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Korea Utara Produksi Smartphone Sendiri
Go Green

Clock Link

Monday, August 12, 2013

Korea Utara Produksi Smartphone Sendiri

Korea Utara Produksi Smartphone Sendiri

TEMPO.CO, Pyongyang – Korea Utara meluncurkan ponsel pintar alias smartphone buatan dalam negeri. Produk tersebut mendapat dukungan dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, memperlihatkan Kim mengunjung sebuah pabrik dan memeriksa telepon tengga, yang diklaim menggunakan teknologi pribumi.

Ponsel tersebut diberi nama »Arirang”, berdasarkan lagu daerah Korea Utara yang terkenal.

Spesifikasi ponsel belum diketahui, tapi Kim Jong Un menyebut »ponsel tersebut akan sangat nyaman bagi pengguna karena fungsi kamera ber-piksel tinggi,” tulis KCNA, Senin 12 Agustus 2013.

Disebutkan pula pabrik tersebut siap memproduksi secara massal. Namun foto si ponsel pintar tidak tampak dalam gambar, sehingga banyak pengamat meragukan keberadaannya dan menganggap hal itu sebagai propaganda Korea Utara.

Situs Korea Utara Tech memperkirakan Arirang diproduksi oleh Cina sebelum dikirim ke Pyongyang untuk pemeriksaan terakhir.

Pemerintah Korea Utara membatasi akses terhadap teknologi baru. Akses terhadap Internet juga terlarang bagi penduduk secara umum dan banyak rakyat sangat miskin.

Korea Utara punya jaringan 3G tapi Korea Utara membatasi telepon dan tidak dapat menelepon keluar negeri atau orang asing.

Bahkan ponsel biasa pun sangat mahal. Produsen telepon genggam Cina, Huawei baru-baru ini memasok pasar Korea Utara.

Bulan Januari, pimpinan Google Eric Schmidt mengunjungi Korea Utara dan mendesak pemimpinnya untuk mencabut larangan dan membiarkan rakyat mengakses Internet.

No comments:

Post a Comment