بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Gara-gara Lirik Lagu Belah Duren, Tayangan Insert Disemprit KPI
Go Green

Clock Link

Friday, July 26, 2013

Gara-gara Lirik Lagu Belah Duren, Tayangan Insert Disemprit KPI


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tayangan infotainment "Insert" di TransTV kena semprit Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Itu karena tayangan ini memutar lagu "Belah Duren" milik Julia Perez yang dipandang tidak pantas diputar pada jam-jam rawan dipirsa anak-anak.

Teguran dilayangkan saat siaran "INSERT SPESIAL: JUPE IS BACK" pada 26 Juni 2013 pukul 20.20 WIB.

"Pelanggaran yang dilakukan program adalah ditampilkannya adegan menyanyikan lagu berjudul "Belah Duren" yang liriknya bermuatan materi dewasa yang ditayangkan di luar pukul 22.00 - 03.00 waktu setempat," demikian warning KPI lewat publikasi website-nya.

Menurut KPI, saat menyanyikan lagu tersebut, ditampilkan adegan-adegan yang dapat dipandang menjadikan perempuan sebagai objek seks.

"Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak dan remaja, pelarangan dan pembatasan adegan seksual, norma kesopanan dan kesusilaan, dan penggolongan program siaran, " tulis KPI.

KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14, Pasal 16, dan Pasal 21 ayat (1) serta Standar Program Siaran Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), Pasal 20 ayat 2, dan Pasal 37 ayat (4) huruf a.

Berdasarkan pelanggaran di atas, KPI Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis.

No comments:

Post a Comment