بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Buruh Dipecat karena Salat
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 30, 2013

Buruh Dipecat karena Salat

Setelah ke LBH, buruh yang dipecat karena salat lapor KontraS

MERDEKA.COM. Lami, buruh di perusahaan Korea cekcok sang Direktur, Mr Hary Kim soal salat. Akhirnya, Lami dipecat oleh perusahaan. Setelah ke LBH Jakarta, hari ini Lami mengadu keKomisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). 

"Saya mau salat, cuma karena waktu istirahat sedikit dan mushala jauh, jadi saya di ruang detektor di dalam pabrik," ujar Lami di kantor KontraS, Selasa (30/7).

Selanjutnya, Hary membentak dan ingin memukul Lami karena salat di ruang detektor. Lami berupaya menjelaskan namun tidak digubris sama sekali. "Akhirnya saya teriak di podium kalau saya dilarang salat," katanya.

Sontak saja, Hary marah dan pihak personalia menjelaskan lewat pengeras suara kalau apa yang dikatakan Lami tidaklah benar. Esok harinya, Lami bekerja seperti biasa dan karena gajinya belum ditransfer, dia menanyakan kepada manajemen.

"Saya dikasih uang tunai dan tidak lama dipanggil lagi lalu di PHK sepihak dengan alasan melanggar ketertiban perusahaan, yaitu memprovokasi kalau Hary melarang salat. Padahal peristiwa itu benar adanya," tuturnya.

Lami menduga pemecatan itu hanya akal-akalan saja. Sebab, dirinya merupakan Ketua Federasi Buruh Lintas Pabrik di tempat dia bekerja. Lami juga sedang dicatatkan ke Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Utara.

"Ada indikasi pemecatan saya karena perusahaan tidak suka dengan rencana dibangunnya serikat buruh," katanya.

Ternyata sehari kemudian, Lami dinonaktifkan bekerja sampai proses PHK selesai mesti dia telah menolaknya. Akhirnya, buruh-buruh yang sudah menjadi anggota serikat buruh dipaksa mengundurkan diri.

No comments:

Post a Comment