بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bawa AK 47, Anggota Kopassus Tak Berniat Membunuh
Go Green

Clock Link

Wednesday, July 17, 2013

Bawa AK 47, Anggota Kopassus Tak Berniat Membunuh

Bawa AK 47, Anggota Kopassus Tak Berniat Membunuh

TEMPO.CO, Yogyakarta - Majelis hakim yang dipimpin Hakim Ketua Letkol Chk (K) Faridah Faisal mencecar prajurit Grup Dua Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Sersan Dua Ucok Tigor Simbolon. Pertanyaan tajam dilontarkan guna mengorek penggunaan senjata yang membunuh empat tahanan titipan di LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta pada 23 Maret 2013.

Pada di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Selasa, 16 Juni 2013, itu Ucok berserta Serda Sugeng Sumaryanto dan Kopral Satu Kodik, terdakwa berkas perkara satu, menjadi saksi atas terdakwa berkas perkara dua: Sertu Tri Juwanto, Sertu Anjar Rahmanto, Sertu Marthinus Roberto Paulus, Sertu Herman Siswoyo, dan Sertu Suprapto.

Ucok menerangkan, kepergiannya ke Yogyakarta untuk mencari Marcelinus Bhigu alias Marcel, terdakwa kasus pembacokan prajurit Kodim 0734 Yogyakarta, Sertu Sriyono di Jalan Sutomo, Yogyakarta, pada 20 Maret 2013. Dia menemui Benyamin Angel Sahetapy alias Deki di LP Cebongan untuk menemukan Marcel.

»Kenapa harus bawa senjata?” tanya Faridah. (Baca Lengkap: Kisah Kopassus di LP Cebongan)

Menurut Ucok, senjata itu diperoleh saat lahitan di Gunung Lawu berupa tiga senjata laras panjang AK 47, dua senjata replika AK 47, dan satu pistol replika Six Shower. Dia mengatakan, senjata itu baru akan dikembalikan usai penutupan latihan. »Jadi tak ada maksud digunakan untuk menembak,” kata Ucok.



Tapi, saat tiba di depan LP Cebongan, Ucok menugaskan Kodik membagikan senjata replika kepada lima anggota Kopassus di mobil APV. Sedang Ucok, Kodik, dan Sugeng membawa masing-masing sepucuk AK 47. »Kalau tidak bermaksud menembak, kenapa senjata itu dibagikan saat di luar lapas?” tanya Faridah.

Ucok menjawab, karena sudah pukul 12 malam, dia memutuskan menyamar sebagai anggota polisi dari Polda DIY untuk bertemu tahanan. »Agar meyakinkan, maka kami bawa senjata,” katanya.

Tentang tindakannya membunuh Deki dan tiga kawannya, Ucok mengaku karena dia diserang dengan kruk saat masuk ruang sel. Ucok menembak ke arah tiga tahanan. Tahanan yang ke tiga sempat lari, tapi berhasil dilumpuhkan. Tapi senjata Ucok macet. Dia keluar sel untuk memperbaiki dan kembali masuk sel menenteng senjata milik Sugeng. Dia masuk untuk melihat korban ketiga. Saya belum yakin, korban tewas atau tidak,” kata Ucok.

Kemudian dia melihat ada orang bergerak di dekat kamar mandi. »Saya kaget dan menembak,” katanya.

»Kenapa empat orang itu ditembak? Kan datang ke sana hanya mau tanya di mana Marcel?” tanya Faridah yang membuat Ucok terdiam beberapa detik.

»Kalau petugas sipir menghadirkan Deki ke portir, saya tak akan menembak. Saya diserang di dalam sel,” kata Ucok berkilah.

Hakim Faridah mengingatkan Ucok: »Saksi sadar ya, kalau orang ditembus peluru beruntun itu pasti akan mati.”

No comments:

Post a Comment