بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Penangkapan Hiu Mako Raksasa di California Picu Kontroversi
Go Green

Clock Link

Saturday, June 8, 2013

Penangkapan Hiu Mako Raksasa di California Picu Kontroversi


Huntington Beach, California - Berita yang mengabarkan bahwa nelayan berhasil menangkap hiu mako raksasa di lepas pantai California Selatan awal pekan ini telah mengundang gelombang protes dari para ahli konservasi.

Mereka mengutuk aksi penangkapan itu karena populasi hiu tersebut semakin terancam akibat pemburuan berlebihan di seluruh dunia.

Seekor hiu betina ditangkap pada Senin di Huntington Beach dengan bobot lebih dari 600 kg. Hewan ini memiliki panjang 3,3 m dan memiliki lebar 2,4 m di bagian tengah tubuhnya yang besar, kata Kent Williams, penangkap ikan bersertifikat dari California dan pemilik New Fishall Bait, tempat hiu itu disimpan di kotak pendingin.

Jason Johnston, dari Mesquite, Texas, menangkap ikan besar itu setelah pertempuran selama dua setengah jam, lapor Orange County Register.

Jika tangkapan itu dikonfirmasi dan memenuhi syarat, maka itu akan melebihi rekor penangkapan mako seberat 553 kg pada Juli 2001 di lepas pantai Chatham, Mass, kata Jack Vitek, salah satu koordinator badan rekor dunia untuk International Game Fish Association yang berbasis di Florida. 

Dibutuhkan sekitar dua bulan bagi asosiasi itu untuk memverifikasi hasil tangkapan domestik, katanya kepada Los Angeles Times.Untuk saat ini, Williams menyimpan hiu itu di unit penyimpanan berpendingin udara, dimasukkan ke tong logam beroda sebesar 3 x 5 kaki, saking besarnya, ekor dan kepala hiu itu tidak muat. Barisan gigi tajam berlapis memenuhi mulut hiu, yang setengah dibekukan pada Rabu. 

Seutas tali masih melilit sirip punggungnya.Di bawah hukum negara, pemancing dapat mengambil dua hiu tersebut setiap kali berlayar, meskipun hasil tangkapan tersebut sangat langka, kata Williams.

“Sebanyak 99 dari 100 orang yang memancing hiu seperti ini tidak akan bisa menaklukannya. Ada sedikit hewan seperti ini yang tertangkap setiap tahunnya, tapi setiap kali salah satu ditangkap, orang-orang akan membesar-besarkannya," katanya kepada AP.

Pada Rabu, para penelepon yang marah bahkan dari Australia menghubungi kantor pemancingan milik Williams untuk memprotes dirinya yang menyimpan hiu itu di sana. 

Hiu itu seharusnya sudah dibebaskan, kata David McGuire, direktur kelompok advokasi perlindungan Shark Stewards yang berbasis di California. “Orang-orang harus melihat hiu ini sebagai hewan indah yang memiliki peranan penting di laut dan mengagumi betapa indahnya mereka,” kata McGuire kepada Times.

Tetapi setiap pemancing pada umumnya yang memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor dunia, saya tidak akan melepaskan ikan itu, kata Williams. "Saya tidak peduli apa yang mereka katakan. Jika mereka memiliki potensi untuk memecahkan rekor dunia, mereka juga akan mengambil ikan itu — jika mereka bisa."

Hanya 23 dari 6.850 rekor dunia yang tercatat di asosiasi pancing yang tangkapannya berbobot melebihi 589 kg, kata Vitek. Hasil tangkapan terbesar adalah hiu putih besar berbobot 1200 kg yang ditangkap pada 1959 di lepas pantai Australia."Melihat ikan lebih dari 450 kg — baik itu hiu, tuna, atau marlin — sangatlah langka," kata Vitek.

Hiu itu disarankan untuk disumbangkan untuk kepentingan penelitian.

California Selatan dianggap sebagai habitat yang nyaman bagi hiu mako. 

Tetapi ikan yang tertangkap biasanya memiliki ukuran panjang antara 76 cm hingga 180 cm, kata Nick Wegner, ahli biologi perikanan di Scripps Institution of Oceanography di San Diego. "Menemukan hiu berukuran sebesar ini jarang terjadi," katanya.

No comments:

Post a Comment