بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Nilai Rata-Rata UN Aceh di Atas Nasional
Go Green

Clock Link

Monday, May 27, 2013

Nilai Rata-Rata UN Aceh di Atas Nasional


Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Aceh Anas M Adam menyebutkan nilai rata-rata ujian nasional yang diperoleh siswa di daerah itu sebesar 6,84, di atas nilai rata-rata nasional 6,35. 

"Itu menunjukkan perolehan nilai rata-rata Aceh di atas nasional dan juga kualitas UN di Aceh cukup baik," katanya di Banda Aceh, Senin. 

Untuk nilai terendah nasional 0,3 sedangkan nilai rata-rata terendah Aceh 1,50 dan itu juga menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Aceh lebih tinggi namun kuantitas kelulusan UN yang masih rendah, kata dia. 

Anas didampingi Sekretaris UN Aceh Zulkarnaini mengatakan sebanyak 1.752 siswa atau 3,11 persen dari total 56.423 peserta UN 2013 tingkat SMA/MA di Aceh dinyatakan tidak lulus. 

Siswa terbanyak yang tidak lulus UN 2013 dari rayon Kabupaten Aceh Utara yang mencapai 255 orang. 

Berdasarkan jurusan, yang tidak lulus UN SMA/MA 2013 untuk IPS tercatat 1.194 orang dan IPA 555 orang, sedangkan bahasa dan agama masing-masing satu orang. 

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI Raihan Iskandar meminta Dinas Pendidikan Aceh untuk melakukan evaluasi guna mencari penyebab banyaknya siswa tidak lulus UN 2013 di provinsi ujung paling barat Indonesia itu. 

"Anjloknya jumlah siswa tidak lulus UN itu harus dijadikan bahan evaluasi Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan, dengan harapan ke depan lebih baik dalam mendongkrak mutu dan kualitas pendidikan di provinsi ini," kata politisi PKS dari daerah pemilihan Aceh itu.(rr)

No comments:

Post a Comment