بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Polisi Kanagawa Gunakan Trik Wanita Cantik untuk Copet
Go Green

Clock Link

Saturday, March 30, 2013

Polisi Kanagawa Gunakan Trik Wanita Cantik untuk Copet



Copet di perfektur Kanagawa, sekitar kota Yokohama, ternyata paling banyak di Jepang menurut data kepolisian Jepang (NPA) yang dikeluarkan belum lama ini. Jumlahnya 207 kasus selama Januari dan Februari 2013. Lalu Osaka dan Saitama yang terbanyak ketiga dalam kasus copet.

Sementara kepolisian Osaka, mengumumkan bahwa jumlah kasus copet bulan Februari 2013 saja tercatat hanya 83 kasus, angka terendah bulanan sejak tahun 1989. Sedangkan jumlah dua bulan pertama, Januari dan Februari sebanyak 191 kasus. Angka ini 25% lebih rendah dari dua bulan pertama di tahun 2012.

"Jumlah penurunan kasus copet tersebut karena ibu-ibu Osaka lebih berani dan kini jauh semakin hati-hati kalau bepergian jalan-jalan ke luar rumahnya," papar seorang warga Osaka, Kaoru Hayashi.

Polisi berusaha untuk menekan terus jumlah kejahatan di mana pun terutama jumlah pencopet yang diperkirakan masih banyak saat ini di Jepang seiring dengan perekonomian Jepang yang masih lemah saat ini serta jumlah orang yang di- PHK yang semakin banyak di berbagai perusahaan Jepang.

Pada tahun 2012 tercatat 1,687 kasus pencopetan di Osaka, jumlah peningkatan dan terbanyak dalam dua tahun berturut-turut, ungkap data kepolisian Jepang. Jumlah paling banyak kejadian pencopetan di Osaka khususnya adalah bulan November.

Sebagai antisipasi pencopetan tersebut, polisi memasang berbagai kamera pengintai di banyak tempat saat ini, mempelajari metode pencurian dan pencopetan, serta melakukan patroli lingkungan sesering mungkin baik dengan mobil termasuk pula dengan sepeda khususnya di daerah yang paling banyak tercatat kejadian pencopetan. Tak hanya itu, kepolisian Kanagawa memasang poster unik yang memberikan peringatan kepada semua warga. Di poster tersebut, tampak sejumlah perempuan cantik jadi peraga.

Desember 2012 saja jumlah pencopetan di Osaka terbanyak kedua di Jepang mencapai 89 kasus. Menurut polisi, pengamanan semakin diperketat di daerah tercatat rawan saat ini. Pencurian juga tampak semakin banyak khususnya untuk barang-barang berharga mahal.

Sindikat kejahatan seperti yakuza, biasanya jarang melakukan hal-hal demikian karena hanya menyangkut uang yang tidak banyak. Namun sebagai uji coba keanggotaan dan loyalitas untuk menjadi anggota yakuza seringkali dilakukan pengujian oleh salah seorang pimpinan agar anak buahnya melakukan hal-hal kejahatan seperti itu. Namun apabila tertangkap polisi tentu saja pihak yakuza akan tutup mata berlaga tidak tahu menahu.

Namun apabila seseorang berhasil menjadi pencopet atau pencuri yang mahir, karena bisa memperoleh banyak uang setelah menjadi profesional, maka dengan senang hati kelompok yakuza menerima karena akan mendapat income pula mereka.

Kelompok lain yang banyak melakukan pencopetan di Jepang adalah kelompok orang asing khususnya orang Cina (atau keturunan Cina) dan kelompok orang asing lain seperti Korea (maupun keturunan Korea) dan Iran yang terkenal sebagai pemalsu kartu telepon.

http://www.tribunnews.com/2013/03/24/hati-hati-copet-polisi-kanagawa-gunakan-trik-wanita-cantik

No comments:

Post a Comment