بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Alinka Hardianti dari Film Tokyo Drift Sampai Hampir Ditangkap Polisi | Arena
Go Green

Clock Link

Friday, January 11, 2013

Alinka Hardianti dari Film Tokyo Drift Sampai Hampir Ditangkap Polisi | Arena


Alinka Hardianti (Yahoo! Indonesia/Jonathan Rian Christandar)

Alinka Hardianti (20) adalah sosok pembalap muda Indonesia yang memiliki bakat dan potensi. Turun sirkuit sejak usia 14 tahun, Alinka yang tumbuh di keluarga pembalap, sudah mencoba beberapa jenis olahraga balap.

Alinka lalu jatuh hati ke olahragadrifting. Olahraga yang bagi sebagian orang hanya terlihat memutar-mutar mobil sambil menghabiskan ban, namun ternyata membutuhkan pengetahuan keselamatan, teknis dan kemampuan yang baik.

Seperti apa kisah perjalanan karier balap gadis kelahiran Jakarta 21 Juni 1992 itu? Berikut petikan wawancara Yahoo! Indonesia Olahragadengan Alinka belum lama ini: Bagaimana awalnya bisa menekuni olahraga balap?

Jadi bokap itu memang pembalap, saya tidak pernah disuruh tapi diarahkan dengan halus. Setiap akhir pekan diajak nonton balapan, belajar mobil pun dengan mobil balap. Sampai awalnya ikut slalom. Saat itu mobil masih disediakan oleh panitia. Itu awal 2005, lalu pada 2007 ikut kejurnas slalom. Kalau terjun ke olahraga driftingsejak kapan?

Ikutdriftingpertama kali tahun 2009. Langsung menang juara pertamafront wheel drive. Lalu 2011 ditarik ke tim Achilles (salah satu produsen ban mobil). Sejak itu dikasih mobil yang layak dengan berpenggerak roda belakang. Kenapa bisa memilih olahraga drifting, bukan balap yang lain?

Awalnya karena film The Fast and the Furious: Tokyo Drift. Kelihatannya seru banget. Pernah juga nyobain beberapa balap, seperti gokart, tapi bosan sendirian di mobil kayak gitu. Pernah motocross juga. Yah ketemufeelnyadidriftingini. Kamu pernah merasa minder menjadidriftercewek?

Minder sih nggak, karena ada 5 sampai 8 orang drifter cewek juga yang saya kenal di Indonesia. Nggak ada masalah kok. Menurut kamu apa yang membuat olahraga ini kurang berkembang di Indonesia?

Ikut olahraga ini memang mahal banget. Untuk persiapan mobilnya saja bisa Rp5 sampai Rp15 juta. Itu untuk yang nggak punya mobil. Jadi untuk sewa mobil, perlengkapan, kru, bensin. Kalau gabung tim besar persiapannya bisa Rp60 sampai Rp100 juta.

Lalu kita kurang lahan untuk latihan. Sirkuit Sentul bisa, tapi aspalnya jahat sama ban. Dua kali muter saja untuk latihan, ban sudah habis, karena memang ban yang dipakai untukdriftingkan ban mobil biasa. Kalau aspalnya bagus, ban bisa hemat, saya bisa untuk 3 minggu.

Olahraga drfitingini kan banyak diikuti sama anak-anak muda, menurut kamu apakah bisa untuk menekan kenakalan remaja?

Kalau difasilitasi dengan baik, menurut saya bisa. Pengalaman berkesan kamu selama menekuni olahraga driftingapa?

Waktu itu iseng-iseng ikut teman nontondriftingliar di jalan raya. Tiba-tiba datang banyak polisi pakai truk. Panik lah saat itu, tapi untungnya kita bisa lari.

Biodata:
Nama: Alinka Hardianti 
Lahir: Jakarta, 21 Juni 1992 
Ayah: Didi Hardianto 
Pendidikan: Mahasiswi Semester 6 Universitas Pelita Harapan

yahoo.com


No comments:

Post a Comment