بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kesemutan Saat Bangun Tidur
Go Green

Clock Link

Wednesday, December 26, 2012

Kesemutan Saat Bangun Tidur

yahoo.com

 
 
Tanya: Mengapa tangan, terutama jari dan telapak tangan saya, sering mengalami kesemutan dan mati rasa di pagi hari saat bangun tidur? Orang lain biasanya mengalami kesemutan karena salah posisi tidur dan dalam 5 menit sudah normal kembali, sedangkan kesemutan saya baru hilang setelah saya sarapan (setidaknya minum air putih atau makan pagi).Terima kasih.

Heidi


Jawab: Halo Heidi,

Jari dan telapak tangan yang kesemutan merupakan pertanda adanya suatu gangguan atau penekanan atau penjepitan pada saraf tepi daerah tersebut. Biasanya memang disebabkan oleh posisi tidur yang menekan saraf tepi di tangan. Namun gangguan saraf tepi pada tangan dan jari juga sering terjadi pada kondisi diabetes mellitus, peradangan persendian (rheumatoid arthritis), konsumsi alkohol yang berlebihan, kekurangan vitamin B12, dan kondisi penjepitan saraf tepi yang spesifik seperti “carpal tunnel syndrome”.

Penekanan saraf tepi yang terjadi pada orang normal dapat menyebabkan gejala kesemutan (paresthesia) yang dapat hilang dengan sendirinya. Secara medis, tidak ada patokan waktu yang mengharuskan kesemutan tersebut harus hilang dalam tempo tertentu. Apabila gejala kesemutan dapat hilang dengan sendirinya, kemungkinan besar tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Apabila setelah kesemutan tersebut hilang di pagi hari namun timbul lagi setelahnya (saat Anda beraktivitas), hal ini perlu diperhatikan dan dicari penyebabnya. Pada keadaan ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan yang lengkap.

Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kesehatan umum (general check up) secara rutin dan berkala untuk menyingkirkan adanya diabetes mellitus, kondisi peradangan pada sendi, atau kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala yang anda alami. Hindarilah konsumsi alkohol.
 
 
 
dr. Janfrional

Anda boleh memakai suplemen vitamin harian yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B12. Pemakaian suplemen ini akan menunjang kesehatan dan fungsi dari saraf tepi Anda.

Semoga membantu. Terima kasih.

dr. Janfrional www.MeetDoctor.com

***

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, keuangan, asmara, kecantikan, dan fashion? Kirim ke tanyaahli@yahoo-inc.com 

No comments:

Post a Comment