بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Sapi Rekayasa Genetika Menghasilkan Susu Rendah-Alergen dan Kaya Protein
Go Green

Clock Link

Thursday, October 4, 2012

Sapi Rekayasa Genetika Menghasilkan Susu Rendah-Alergen dan Kaya Protein

sumber: http://phys.org/news/2012-10-genetically-cow-yields-hypoallergenic-high-protein.html



Penelitian dari ilmuwan dari AgResearch di kampus Ruakara telah dipublikasikan dalam edisi terkini jurnal ilmiah ternama Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS). Tim AgResearch yang dipimpin oleh Dr. Goetz Laible bertujuan untuk menghasilkan susu yang mengandung protein susu alergen yang lebih rendah. 

"Kami berhasil mengurangi banyak jumlah beta-laktoglobulin (BLG), sebuah protein whey susu yang tidak ada di ASI yang dapat menyebabkan reaksi alergi," kata Dr Stefan Wagner, salah satu penulis utama paper tersebut. "Dua sampai tiga persen balita alergi terhadap susu sapi, dan alergi BLG merupakan porsi besar dari persentase tersebut."

.....................

Direktur Malaghan Institute, Prof Graham le Gros mengatakan: "Penemuan menakjubkan ini memiliki dampak yang besar terhadap potensi untuk mengurangi alergi susu yang terjadi pada anak-anak kita dan menghindari kekhawatiran terhadap modifikasi genetik terhadap protein susu itu sendiri."

Dr. Wagner menyatakan bahwa di kemudian hari proses dasar penggunakan microRNA desainer untuk menarget gen-gen lain dapat menyediakan alat yang efisien untuk mengubah sifat ternak, contohnya untuk menghasilkan ternak yang tahan terhadap penyakit dan atau meningkatkan performa pemerahan.

No comments:

Post a Comment