بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Dokter Indonesia Ciptakan Bor Gigi Bermusik
Go Green

Clock Link

Wednesday, October 17, 2012

Dokter Indonesia Ciptakan Bor Gigi Bermusik

sumber: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00026006.html



WowKeren.com - Anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun biasanya tidak suka memeriksakan gigi ke dokter gigi. Suara peralatan dokter gigi yang seram kerap membuat para pasien takut untuk ke dokter gigi. Namun Dhanni Gustiana menciptakan solusi bor gigi yang ramah pasien.

Dokter gigi asal Purworejo, Jawa Tengah, itu menciptakan drill (bor) gigi yang dapat mengeluarkan lagu. Sehingga alih-alih mengeluarkan bunyi yang menakutkan, bor gigi itu akan melantunkan musik yang bisa membuat pasien lebih tenang. Bahkan pasien bisa memilih sendiri lagu yang ingin mereka dengar.

Suara merdu tersebut keluar dari mikro speaker yang diletakkan di ruang kosong pada bor. Suara bising yang ditimbulkan bor mencapai 85 desibel itu kemudian dihilangkan dan diganti dengan lagu-lagu dari Mp3. "Pasien akan mendengar musik lebih keras ketika mereka membuka mulut mereka dibandingkan dengan saat menutup mulut," ujar Dhanni

"Anak-anak sebenarnya tidak takut dengan dokter, kebanyakan dari mereka takut dengan bor gigi," papar Dhanni. "Kamuflase alat membuat anak-anak tidak takut lagi dengan dokter gigi, pasien pun semakin bertambah."

Dhanni harus merogoh kocek sebanyak Rp 6 juta untuk memodifikasi bor gigi biasa. Ia menciptakan alat bernama Singing Dental Drill ini setelah melakukan percobaan selama setahun. Ia memulai menciptakan yang pertama pada 2006 lalu.

Dhanni sudah memperkenalkan bor kreasinya ini di acara Kongres Dokter Gigi Internasional di Yunani pada awal tahun ini. Bor gigi buatan Dhanni telah mendapatkan paten dan mendapatkan berbagai penghargaan internasional.

No comments:

Post a Comment