بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Berkunjung ke Kastil-Kastil Indah di Belarus, Rusia
Go Green

Clock Link

Sunday, October 7, 2012

Berkunjung ke Kastil-Kastil Indah di Belarus, Rusia



 



Penjelasan

Negara ini pernah masuk dalam Keadipatian Agung Lituania dan Kekaisaran Rusia. Setelah Revolusi Rusia, Belarus bergabung dengan Rusia. Sejak tahun 1990, Belarus lepas dari Rusia. Sisa-sisa "kebangsawanan" Belarus masih bisa dilihat dari Kastil-kastil Indah yang ada di sana.


Dari Kastil menjadi Tempat Penampungan

Kastil Mir terletak di Kota Mir. Bangunan nya bergaya gotik dan dibangun pada abad ke-15. 
Awalnya, kastil ini milik Duke Ilinich. Kemudian kastil ini berganti-ganti pemilik.



Setiap berganti pemilik, kastil ini diperindah. Taman, teras, hingga lantai semua mendapat sentuhan keindahan. Tak heran Kastil Mir menjadi sangat indah. Kastil berdinding bata merah, salah satu citi Kastil Mir. 


Saat perang dunia II pecah, kastil ini diambil alih oleh tentara. Kastil indah ini dijadikan tempat penampungan. Saat itu warga dari keturunan bangsa tertentu tidak bisa bergerak leluasa. Mereka hanya boleh tinggal dan hidup di Kompleks Kastil ini saja. Kastil indah itu digunakan bagaikan penjara. 

bagian dalam: 












Sejak tahun 1942, kastil ini menjadi milik pemerintahan Belarus. Dan mulai tahun 1994, kastil ini dijadikan monumen kebudayaan Dunia oleh UNESCO. 


Dari Kastil jadi Sanotarium

Kastil lain yang tak kalah indah nya adalah kastil Nesvizh. Selama berabad-abad sejak tahun 1533 hingga 1939, kastil ini dimiliki keluarga Radziwill, salah satu keluarga bangsawan Belarus. Beberapa kali kastil ini diambil alih oleh pihak lain, namun kembali bisa dimiliki keluarga Radziwill.

Selama memiliki kastil ini, keluarga Radziwill berkali-kali mengembangkan Kastil Nesvizh. Tak heran ada berbagai macam gaya bangunan di kompleks kastil ini. Ada bangunan bergaya neogotik, renaisans, hingga barok.








Tahun 1939, pemerintah Rusia mengambil alih kastil ini. Kastil tempat tinggal bangsawan ini dipakai sebagai sanotarium, semacam rumah sakit untuk pasien dengan penyakit yang sulit disembuhkan. Akibatnya bagian taman tak terlalu dibutuhkan dan menjadi terbengkalai.


Tahun 2005, UNESCO menetapkan Kastil Nesvizh sebagai salah satu warisan dunia. Bangunan kastil kembali direnovasi. Taman yang tak terurus juga dibentuk lagi. Kastil-kastil di Belarus ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.




1 comment: