بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Pesona Alam Kota Angin dan Mangga di Jawa Timur
Go Green

Clock Link

Tuesday, June 19, 2012

Pesona Alam Kota Angin dan Mangga di Jawa Timur




Sejarah Singkat

Pada awalnya kota ini bernama "Banger", dimana "Banger" merupakan nama sungai yang mengalir ditengah kota (pada kepemimpinan Bre Wirabumi a.K.a Minakjinggo). Lalu pada kepemimpinan Kyai Djojolelono nama "Banger" diganti dengan PROBOLINGGO yang memiliki arti Probo : sinar dan Linggo : tugu, badan, tanda peringatan, tongkat. Kyai Djojolelono merupakan Bupati pertama Probolinggo yang diangkat oleh VOC padah tahun 1746.



Apa Yang Ada Di Probolinggo?

Candi Jabung: 

candi jabung merupakan candi hindu peninggalan dari Majapahit. letaknya berada di desa jabung, kecamatan paiton, kabupaten probolinggo. candi ini didirikan pada tahun 1354 masehi pada pemerintahan Raja Hayam Wuruk


PLTU Paiton: 



PLTU Paiton dapat di jumpai bila agan-agan menuju ke pulau bali dan melalui jalur pantura. Indah bukan penampakan PLTU pada malam hari 


Spoiler for air terjun Madakaripura: 




Air terjun Madakaripura adalah suatu air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.Air terjun ini diberi nama dari Madakaripura, tanah perdikan milik Mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.



Gunung Bromo: 


Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.



wisata rafting: 


Sungai pekalen terletak di Dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang dan berakhir di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan atau Desa Condong, Kecamatan Gending. Lama perjalanan untuk mencapai sungai ini kurang lebih 3 jam jika kita berada di kota Surabaya atau Malang.
Rafting Pekalen dibagi menjadi 3 bagian untuk rafting, ada pekalen atas, pekalen tengah dan pekalen bawah. Jarak dari trip rafting nya pun berbeda. Untuk pekalen atas trip nya 12 km, Pekalen tengah 7 km Dan pekalen bawah 10km. 
Di pekalen atas yang sangat special adalah kita dapat melihat indahnya 10 air terjun (jika tidak percaya bisa dihitung sendiri).
Yang serunya kita bukan hanya melihat air terjun. Tapi kita rafting dengan melewati air terjun ini. Pertama kita akan melewati jeram yang kemudian kita akan sampai dibalik air terjun. Kemudian kita harus menyebrang melewati air terjun. Namun kali ini kita akan merasakan derasnya air terjun, karena oleh guide-nya, peserta sengaja diberhentikan tepat di bawah derasnya guyuran air terjun.


Ronggojalu: 


Danau Ronggojalu terletak di kecamatan Tegalsiwalan, dengan mata air yang terbentuk dari bentukan alam dan memiliki kapasitas 3000 liter per harinya. Dari volume air yang melimpah dan jernih inilah, masyarakat memanfaatkan danau Ronggojalu sebagai sarana irigasi untuk sawah dan untuk kebutuhan air minum kota.


pulau gili Probolinggo: 



Gak kalah dengan pulau lombok yang mempunyai 3 pulau yang eksotik (gili terawangan,ketapang,air). probolinggo juga mempunyai pulau gili ketapang.Gak kalah indah bukan dengan yang dilombok. Butuh waktu 30 menit naik perahu motor dari pelabuhan Tanjung Tembaga kesana. Dibagian timur dan selatan pulau tersebut membentang pasir putih yang lautnya belum tercemar dan nampak kebiru-biruan. Saat laut tenang, pengunjung bisa melihat bunga karang yang indah dan berbagai jenis ikan hias berwarna-warni. Pulau seluas 68Ha dihuni 8000 jiwa, sebagian besar warganya Suku MAdura dan hampir 90% menjadi nelayan yang menggantung hidupnya di laut. Jika cuaca cerah dan anginnya tampak bersahabat, jasa angkutan kapal nelayan itu selalu bersedia mengantar anda di kapal penumpang, logat asing (dialek bahasa madura) terdengar akrab ditelinga. Memang duduk menunggu diatas geladak perahu sambil berdesak-desakan merupakan hal biasa. Tapi jangan harap menikmati jasa perahu eksekutif. 




Ini nih Buah Khas dari PROBOLINGGO

kalo udah nyoba pasti minta dan bilang "manalagi", yup namanya anggur dan mangga manalagi 



No comments:

Post a Comment