بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Gempa Sukabumi termasuk subduksi
Go Green

Clock Link

Monday, June 4, 2012

Gempa Sukabumi termasuk subduksi

sumber: antara



akarta (ANTARA News) - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa gempa bumi berkekuatan 6,1 pada Skala Richter (SR) di Kabupaten Sukabumi, Senin, termasuk gempa subduksi.

"Berdasarkan analisis dari pakar gempa, maka gempa bumi yang terjadi di bagian Selatan Jawa Barat petang ini kemungkinan terjadi karena pertemuan lempeng bumi atau gempa subduksi," katanya melalui layanan pesan singkat (SMS).

Menurut dia, pertemuan lempeng bumi tersebut berada pada posisi 50 kilometer dari garis pantai Selatan Jawa Barat.

Posisi pusat gempa saat ini, menurut dia, berada pada sekitar 100 kilometer di sebelah Barat dari pusat gempa yang terjadi pada September 2011.

"Akibat gempa bumi tersebut menurut pakar gempa, terjadi pergeseran pada bidang gempa sekitar 50 sentimeter," katanya.

Menurut dia, gempa bumi pada petang ini dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Kabupaten Sukabumi, sehingga membuat warga berhamburan keluar dari rumah.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa dari masyarekat maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi.

"BPBD Sukabumi hingga saat ini masih terus melakukan pemantauan dan pendataan," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi itu terjadi pukul 18:18:13 WIB, dan getarannya dirasakan hingga ke sejumlah wilayah, antara lain Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Cianjur, Bandung.

BMKG mencatat pula, pusat gempa berada pada 7,99 Lintang Selatan (LS) dan 106,19 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 24 kilometer.
(T.R024)

No comments:

Post a Comment