بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tibet ,dengan Sejuta Pesona Keindahan Alam
Go Green

Clock Link

Saturday, March 17, 2012

Tibet ,dengan Sejuta Pesona Keindahan Alam

sumber: kaskus.us



Ada yang tau Tibet itu apa ?


Tibet (bahasa Tibet: V|Q, Bod, dilafazkan pö menurut dialek Lhasa; Hanzi : ?, pinyin: Xizang) adalah provinsi dari Republik Rakyat Cina, yang merupakan Daerah Otonomi Khusus RRC yang juga diberi nama oleh Cina Xizang, yang berada di pegunungan Himalaya yang sering dikatakan sebagai puncak dunia, berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan India serta Xinjiang, Qinghai dan Sichuan di Cina. Mayoritas penduduknya adalah beragama Buddha, dengan Lhasa sebagai ibu kotanya. Bertahun tahun yang lalu, sebelum dibuka oleh Cina, Tibet merupakan daerah yang dikatakan menyimpan misteri bagi para petualang, mengingat pada saat itu tidak semua petualang bisa memasuki daerah itu dan merupakan wilayah tertutup, seperti halnya Mekkah dan Madinah di Arab Saudi yang hanya dimasuki oleh orang Islam.

Tibet dahulunya adalah sebuah kerajaan merdeka yang mengalami interaksi maupun benturan terutama secara politik dengan dinasti-dinasti yang ada di dataran Cina. Raja Tibet diberi gelar Dalai Lama di mana Dalai Lama yang sekarang, Tenzin Gyatso adalah Dalai Lama ke-14. Dalai Lama adalah pemimpin negara Tibet dan sekaligus pemimpin keagamaan


miss tibet dan bendera: 


Bagaimana dengan Topografi dan pemerintahan negara tersebut ?
Tibet dengan ibukotanya Lhasa merupakan Daerah Otonomi Khusus RRC yang juga diberi nama oleh Cina Xizang. Berada di pegunungan Himalaya, dimana puncak Mt. Everest sebagai puncak tertinggi dunia berada. Berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan India serta Xinjiang, Qinghai dan Sichuan di Cina. Mayoritas daerah tibet didominasi dengan pegunungan dan dataran tinggi. Dataran tinggi tibet atau dikenal sebagai Dataran tinggi Qinghai-Tibet (Qingzang) adalah dataran tinggi yang luas di Asia Timur yang meliputi sebagian besar Daerah Otonomi Tibet dan Provinsi Qinghai di Republik Rakyat Cina, serta Provinsi Ladakh di Kashmir. Dataran tinggi ini luasnya 2,5 juta kilometer persegi (1.000 kali 2.500 kilometer), dengan ketinggian rata-rata 4.500 di atas permukaan laut. Sebagai dataran tinggi terbesar yang letaknya tertinggi di dunia, kawasan dataran tinggi Tibet mendapat julukan sebagai "atap dunia". Sebagai perbandingan, luas dataran tinggi ini kira-kira sama besarnya dengan 4 kali luas negara bagian Texas atau Perancis.

Dataran tinggi Tibet dikelilingi barisan pegunungan yang sangat tinggi. Di bagian barat laut terdapat Pegunungan Kunlun yang memisahkan dataran tinggi Tibet dengan Cekungan Tarim, sedangkan di bagian timur laut terdapat Pegunungan Qilian yang memisahkannya dengan Gurun Gobi. Di bagian selatan terdapat Sungai Yarlung Tsangpo yang mengalir di kaki Pegunungan Himalaya dan Dataran Gangga yang luas. Sementara itu, di bagian timur dan tenggara dataran tinggi Tibet terdapat lembah berhutan-hutan dan daerah perbukitan yang merupakan hulu bagi Sungai Salween, Sungai Mekong, dan Sungai Panjang di selatan Provinsi Sichuan. Di sebelah barat, dataran tinggi Tibet berbatasan dengan barisan Pegunungan Karakoram di utara Kashmir.


dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



dataran tinggi tibet: 



Pemerintahan Tibet Pusat Yang Mulia Dalai Lama, adalah sebuah organisasi yang berpusat di India yang dibawahi oleh Dalai Lama ke-14 dan Perdana Menteri Tibet dengan tujuan "merehabilitasi pengungsi Tibet dan mengembalikan kemerdekaan dan kebahagiaan di Tibet". Didirikan tahun 1959 di India, organisasi ini lebih umum disebut "Pemerintahan Tibet Dalam Pengasingan", namun karena struktur internalnya mirip pemerintahan, organisasi ini tidak "dibentuk untuk mengambil alih kekuasaan di Tibet"; tetapi akan dibubarkan "ketika kemerdekaan dikembalikan ke Tibet" dan pemerintahan yang dibentuk oleh bangsa Tibet di dalam Tibet. 

Di tibet sendiri ada sebuah istana kerjaan yang sangat terkenal yaitu istana potala. stana Potala adalah pusat kegiatan politik, agama dan tempat tinggal Dalai Lama Tibet dari masa ke masa. Istana tersebut juga merupakan bangunan bertingkat paling besar yang ada di Tibet hingga saat ini. Istana yang besar dan megah ini dibangun mengikuti topografi bukit dan dijuluki "mutiara di atap dunia". 

Pagoda istana itu dilapisi emas sebanyak 3.724 kilogram dan bertahtakan lebih dari 15 ribu intan, zamrud, mutiara, giok dan batu akik yang mahal. Tembok istana terbuat dari batu granit, yang paling tebal mencapai 5 meter. Istana Potala adalah karya representatif arsitektur etnis Tibet yang cemerlang, juga salah satu bangunan zaman kuno yang paling terkenal di Tiongkok. Istana Potala pada tahun 1994 dicantumkan dalam Daftar Warisan Alam dan Kebudayaan Dunia UNESCO. 


istana: 




istana: 




istana: 




istana: 




istana: 




istana: 




istana: 



istana: 




Lalu, Bagaimana dengan keindahan alam Tibet ?

Pegunungan Himalaya 
Himalaya adalah sebuah barisan pegunungan di Asia, yang memisahkan anak benua India dari Dataran Tibet.

Himalaya merupakan tempat gunung-gunung tertinggi di dunia, misalnya Gunung Everest dan Kanchenjunga, berada. Secara etimologi, Himalaya berarti "tempat kediaman salju" dalam bahasa Sanskerta (dari hima "salju", dan aalaya "tempat kediaman").

Himalaya memanjang sepanjang lima negara — Pakistan, India, China, Bhutan dan Nepal. Ia adalah sumber dua sistem sungai besar dunia — Sungai Indus dan Sungai Ganga-Brahmaputra. Sekitar 750 juta orang tinggal di daerah sekitar aliran air dari Himalaya, yang termasuk Bangladesh.


himalaya: 



himalaya: 




himalaya: 



himalaya: 



himalaya: 



himalaya: 





Danau di Tibet
Di Tibet, danau dianggap sebagai anugerah gunung kepada manusia. Sebab, di tanah yang tertinggi letaknya di dunia ini, tak terbilang banyaknya puncak-puncak tinggi sambung menyambung. Dan alangkah lapangnya hati kita apabila tiba-tiba melihat sebuah danau biru muncul di bukit barisan itu. 

Kebanyakan danau di Tibet tinggi letaknya, tidak sedikit di antaranya di atas 4.000 meter dari permukaan laut. Letak yang tinggi, ditambah udara yang segar, dan matahari yang cerah, membentuk pemandangan alam danau di Tibet yang khas. 


danau: 



danau: 



danau: 



danau: 



danau: 



danau: 



danau: 



danau: 



danau: 



danau: 




Bagaimana dengan penghuni di Tibet ?

Fauna

di Tibet Leluhur daripada anjing Tibetan Mastiff (lebih dikenal dengan sebutan Do Khyi) sangat popular dengan cerita legendaris mereka yang terkenal dengan keganasannya sebagai anjing penjaga di luar Biara-Biara di Tibet

Selain itu ada yak. Yak, dalam bahasa Latin (Bos grunniens) adalah sejenis sapi yang banyak ditemukan di Tibet dan wilayah sekitar Himalaya di Asia Tengah. Kata yak merujuk kepada spesies jantan sedangkan seekor betina disebut dri atau nak.Yak banyak digunakan untuk membajak sawah di Asia.

Yak yang liar mempunyai tinggi sekitar dua meter di pundaknya, sedangkan yang diternak biasanya hanya setengah ketinggian tersebut. Kedua jenis tersebut sama-sama mempunyai bulu yang panjang untuk melindungi mereka dari kedinginan. Yak liar umumnya berwarna hitam atau coklat. Yak yang diternakkan juga ada yang berwarna putih. 

Selain itu ada juga berbagai spesies burung yang hidup di daeah tibet.























Makanan di Tibet
Makanan pokok Tibet adalah Tsampa (tepung gandum yang dipanggang), sedangkan minuman nasionalnya merupakan teh yang dicampur mentega asin. Di Tibet setiap tahunnya sering diadakan sebuah festifal yang dikenal Losar (Festival Tahun Baru). Tanaman utama Tibet adalah Jelai dan binatang paling terkenal milik Tibet, Yak. Garis Kereta Api Qinghai-Tibet yang menghubungkan daerah Qinghai di Cina, merupakan jalur kereta api tertinggi di dunia


















No comments:

Post a Comment