بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ke Mana Pertama Kali Pergi ke Luar Negeri? | Jalan Jalan Yuk!
Go Green

Clock Link

Tuesday, March 27, 2012

Ke Mana Pertama Kali Pergi ke Luar Negeri? | Jalan Jalan Yuk!

sumber: yahoo.com


Sebagian orang masih “bingung” saat pertama kali pergi ke luar negeri. Syarat utamanya, sudah pasti Anda harus memiliki paspor. Bila negara yang dituju membutuhkan visa, berarti Anda harus mengurusnya. Tapi tak jarang kita juga masih tidak tahu kalau ke luar negeri itu sebaiknya ke negara mana lebih dulu.


Silakan simak tipsnya di bawah ini untuk mempermudah Anda merencanakannya:

Sebelum menentukan negara, tentukan dulu maksud perjalanan Anda. Apakah hanya sekedar “asal ke luar negeri” atau lebih spesifik seperti “ingin melihat Angkor Wat” misalnya. Bila tujuan Anda spesifik, pastinya sangat mudah untuk menentukan negara tujuan. Kalau sebaliknya, pilihlah negara dengan pilihan wisata yang sesuai dengan Anda.

Tidak perlu memaksakan diri memilih negara yang paling dekat dan banyak dikunjungi orang Indonesia, seperti Singapura, padahal Anda sama sekali tidak suka jalan-jalan di kota dan lebih menyukai wisata alam. Terdekat dan terpopuler bukan berarti wajib dikunjungi, yang lebih penting adalah minat Anda. Alternatif lain menentukan negara destinasi adalah dengan menyortir akses yang paling mudah. Bisa jadi kesempatan pertama ke luar negeri datang dari kantor sehingga negara tujuan ditentukan perusahaan Anda. Akses kemudahan lain bisa berupa menumpang rekan yang dapat tugas kantor ke luar negeri atau mengunjungi kenalan yang tinggal di luar negeri.

Atau bila Anda ingin pergi sendiri, pilih dan pelajarilah tempat wisata di negara tujuan, buat rencana, ambil cuti, dan gunakan biaya sendiri. Kalau perlu, Anda bisa melebarkan tujuan ke negara tetangga untuk menambah pengalaman. Pertama kali pergi ke luar negeri bukan berarti tidak bisa jalan sendiri, apalagi bila negara tujuan Anda adalah negara maju dengan prasarana yang mudah diakses bahkan oleh orang asing sekalipun. Kalau Anda sudah mempelajari dengan seksama negara destinasi lengkap dengan berbagai informasi wisata, tak perlu ragu untuk menjelajahi negara tersebut sendiri.

Tetapi jika jalan-jalan sendiri di negara asing masih menakutkan bagi Anda, silakan ikuti paket wisata dari agen perjalanan setempat. Tidak perlu ikut paket wisata dari Indonesia karena selain jauh lebih hemat, Anda juga akan mendapatkan pengalaman berbeda karena biasanya peserta terdiri dari berbagai negara dan lebih teratur. Perhatikan kapan Anda akan melakukan perjalanan. Apakah saat itu musim liburan di negara tujuan, atau justru waktu ketika semua tempat tutup. Jangan lupa membuat rencana perjalanan bagi diri sendiri untuk memudahkan perjalanan dan siapkan segala sesuatu dengan baik, termasuk rencana cadangan kalau rencana Anda tidak bisa berjalan sesuai harapan.

Bila Anda akan menggunakanvisa on arrival(yang diurus saat kedatangan) pastikan membawa semua dokumen yang dibutuhkan seperti pas foto berwarna dengan ukuran tertentu dan uang tunai dengan mata uang setempat.

Jika Anda memiliki kebutuhan tertentu seperti makanan halal misalnya, carilah informasi sebanyak mungkin dan persiapkan diri untuk itu. Saat membuat rencana perjalanan, aturlah agar pada waktu makan Anda berada di lokasi yang ada makanan halalnya. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menyiapkan makanan sendiri dengan membelinya di supermarket dan membawa bekal tersebut saat jalan-jalan.

No comments:

Post a Comment