بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 9 Lokasi Wisata Penuh Kontroversi
Go Green

Clock Link

Tuesday, February 21, 2012

9 Lokasi Wisata Penuh Kontroversi


TEMPAT-tempat berikut ini merupakan tujuan wisata kontroversial karena memiliki cerita sejarah atau tragedi yang menyedihkan. Namun, cerita itu malah membuatnya semakin ramai dikunjungi wisatawan.
Apa sajakah lokasi wisata tersebut? Simak ulasannya berikut ini : 

1.Kamp Konsentrasi Auschwitz, Polandia
Auschwitz adalah sebuah kompleks kamp konsentrasi atau penjara tahanan Jerman Nazi yang terdiri dari tiga kamp. Kamp ini antara lain digunakan sebagai tempat penahanan, penyiksaan, pembunuhan, dan kerja paksa. Kamp menjadi saksi terbunuhnya empat juta tahanan selama Perang Dunia II. Kini, sisa-sisa kamp dijadikan museum dan memorial untuk mengenang para korbannya.
 












2.Devil's Island, Guyana Prancis

Pulau tak terkenal yang masuk dalam wilayah Guyana Prancis ini pada 1852-1953 digunakan sebagai penjara yang menampung lebih dari 80.000 tahanan. Penjara ini memiliki kondisi sangat memprihatinkan, dan membuatnya menjadi salah satu tempat tahanan paling mematikan. Kini, lokasi bekas penjara ini dijadikan tempat wisata yang dikunjungi hampir 50.000 wisatawan setiap tahunnya.










3.Monumen Perdamaian Hiroshima, Jepang
Monumen Perdamaian Hiroshima atau dikenal sebagai Genbaku Dome adalah bangunan monumen yang terletak di pusat Kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang. Monumen berupa sebagian gedung yang tersisa akibat ledakan bom atom merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1996. Monumen merupakan simbol harapan umat manusia untuk perdamaian dunia dan pemusnahan senjata nuklir.










I4.stana Potala, Tibet
Istana ini merupakan kediaman Dalai Lama hingga pada 1959 Dalai Lama ke-14 dipaksa mengungsi ke India karena Tibet berada di bawah jajahan China. Istana ini dulunya merupakan monumen suci bagi umat Budha Tibet, namun kini menjadi museum yang dijalankan oleh Pemerintah China.








5.The World Trade Center Site, New York, Amerika Serikat
Lokasi ini dulunya merupakan tempat berdirinya menara kembar World Trade Center sebelum dihancurkan oleh serangan teroris pada 11 September 2011. Kini, lokasi sisa bangunannya setiap hari dikunjungi ribuan wisatawan yang datang memberi penghormatan kepada korban-korban yang tewas.




6.Dharavi Slum, Mumbai, India
Sejak film "Slumdog Millionaire" dirilis, kawasan kumuh di Kota Mumbai menjadi daya tarik wisatawan. Film ini mengambil lokasi syuting di Dharavi, dimana lokasi kumuh ini merupakan rumah bagi 600.000 orang. Dharavi bahkan dianggap sebagai tempat kumuh terbesar di Asia. Sedihnya, banyak tur wisata yang bersedia memandu wisatawan menjelajahi daerah kumuh ini.









7.Chernobyl, Ukraina
Lokasi ini merupakan tempat dimana terjadi bencana nuklir terbesar sepanjang sejarah. Salah satu kota yang paling parah terkena dampak nuklir, Pripyat, kini menjadi kota kosong yang dibuka umum untuk turis yang ingin melihat sisa-sisa nuklir di tempat ini.










8.Terowongan Cu Chi, Vietnam
Terowongan yang terletak di kota Ho Chi Minh ini digunakan oleh Viet Kong pada saat Perang Vietnam sebagai tempat persembunyian dari tentara Amerika Serikat. Beberapa terowongannya dibuka untuk umum guna memberikan pelajaran kepada wisatawan mengenai perang.










9.Tiananmen Square, Beijing, China
Tiananmen Square adalah alun-alun terbesar di dunia dan merupakan tujuan wisata teratas di China, setelah Tembok Besar China. Alun-alun ini terletak di sebelah kota terlarang Beijing, yang dulunya tidak boleh dimasuki oleh siapapun kecuali keluarga raja. Banyak kejadian sejarah penting yang terjadi di alun-alun ini, salah satunya pembunuhan 400 mahasiswa oleh pemerintah pada 1989.





No comments:

Post a Comment