بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 16 Produsen Smartphone Asia Baru Akan Menghancurkan Samsung dan Apple
Go Green

Clock Link

Friday, April 25, 2014

16 Produsen Smartphone Asia Baru Akan Menghancurkan Samsung dan Apple

Samsung adalah produsen smartphone terbaik di Asia dan dunia. Tapi ada banyak pesaing lainnya yang mencoba untuk menggeser kekuasaan Samsung dan Apple. Persaingan tersebut sangat kuat terutama di Asia, dimana sejumlah produsen handphone baru berjuang di pasar lokal masing-masing, berharap dapat menarik pelanggan dengan perangkat yang bagus, tapi dengan harga yang terjangkau.

Mari kita lihat 16 pesaing baru Samsung dan Apple di Asia. Mereka semua – baik secara individu maupun kolektif – tertarik untuk mencuri penjualan dari produsen yang lebih mapan. Mengutip sebuah lagu milik Bob Marley: If you are a big tree, we are a small axe, sharp and ready, ready to cut you down. (Jika Anda sebuah pohon besar, kami adalah kapak kecil, yang tajam dan siap, siap merubuhkanmu.)


China >> 1. Xiaomi


Di antara seluruh startup di Asia, Xiaomi mungkin yang paling terkenal, karena telah mengalahkan penjualan Apple di China. Xiaomi berencana menjual 60 juta smartphone tahun ini. Perekrutan mantan wakil presiden Google Android Hugo Barra tahun lalu juga mengejutkan dunia dan mengindikasikan bahwa perusahaan ini siap memasuki pasar baru.

Apa rahasia Xiaomi? Smartphone-nya dijual hanya setengah harga dari handphone andalan Samsung dan HTC, namun kekuatan dan kemampuan skin Androidnya (yang bernama MIUI) membuatnya seperti produk dengan kualitas terbaik. Xiaomi mempertahankan biaya pengeluarannya yang rendah dengan menjual 70 persen handphonenya secara online, sedangkan sisanya lewat mitra perusahaan telekomunikasi. Xiaomi tidak menggunakan bisnis retail yang dapat menguras uang. Handphonenya dijual di Hong Kong, Taiwan, dan Singapura. Xiaomi juga berencana berekspansi ke lebih banyak negara di Asia Tenggara – target berikutnya adalah Malaysia. Handphone mereka yang harganya paling rendah adalah Xiaomi Hongmi, yang kami anggap sebagai handphone terbaik untuk harga Rp 1,5 juta.


Menurut foundernya, Xiaomi menirukan Amazon. Tapi variasi produknya yang minim membuat media membandingkannya dengan Apple. Seperti Apple, Xiaomi punya kotak untuk media streamingdan belakangan ini mengadaptasi software tersebut untuk smart TV milik Xiaomi sendiri yang bernama MiTV.
Handphone andalan: Xiaomi Mi3 mempunyai layar HD berkualitas 1080p dengan ukuran 5 inci, prosesor NVIDIA Tegra 4 (versi WDCDMA) 1,8GHz atau Snapdragon 800 (versi TD-SCDMA) 2,3GHz; kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan 2 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 3,6 juta (16GB) atau Rp 4,5 juta (64GB).




Ini adalah pesaing baru lainnya yang juga mengalahkan penjualan Apple di China. Menurut Gartner, Coolpad adalah merek smartphone dengan penjualan terbesar ketiga di China berkat variasi produknya yang banyak dan murah, dengan banyak sekali versi khusus dibuat untuk tiga perusahaan telekomunikasi China. Mereka tidak akan memenangkan penghargaan desain dan tidak akan mengejutkan Anda, tapi hanya 13 persen orang China yang mau membeli smartphone dengan harga di atas Rp 3,7 juta (dan secara psikologis harga yang tinggi mempengaruhi niat membeli) sehingga pasar menengah ke bawah sangat luas.

Coolpad telah menjadi produsen perangkat resmi untuk beberapa perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia (memproduksi barang seperti MetroPCS Quatrro 4G phone untuk T-Mobile di Amerika), dan sampai sekarang masih melanjutkan model bisnis tersebut. Tapi Coolpad ingin mendirikan mereknya sendiri ke luar negeri, dan menargetkan Asia Tenggara sebagai langkah awalnya.
Handphone andalan: Coolpad Magview 4 mempunyai layar HD berkualitas 1080p dengan ukuran 5,9 inci; prosesor Tegra 4 1,8 GHz; kamera belakang berkualitas 13 megapixel; Android 4.2; dijual seharga Rp 7,2 juta.

3. OPPO


OPPO adalah produsen handphone China lainnya yang ingin menjadi besar di luar negeri dan di negaranya sendiri. Tapi, meski telah menghabiskan banyak biaya untuk iklan dengan tokoh Hollywoodnya, OPPO masih berjuang mendapatkan ‘pengakuan’ di negara asalnya, China. Perusahaan ini ingin masuk ke pasar global dengan smartphone andalan terbarunya, OPPO N1 (gambar atas) dan Find 7.

Indonesia, Thailand, Filipina, dan India – pasar mobile baru yang berkembang dengan pesat, adalahtarget pasar OPPO.
Handphone andalan: OPPO Find 7 mempunyai layar quad-HD beresolusi 1440p dengan ukuran 5,5 inci, prosesor quad-core Snapdragon 2,5 GHz; kamera belakang 13 megapixel (dengan trik software, ini bisa menghasilkan gambar dengan kualitas 50 megapixel) dan kamera depan 5 megapixel; Android 4.3; dijual seharga Rp 7 juta.



India >> 4. Micromax


Dari seluruh daftar produsen smartphone yang kami buat, Micromax adalah yang paling ingin mengalahkan Samsung. 44 juta smartphone baru dikirimkan di India pada tahun 2013 – 38 persen di antaranya dari Samsung, dan 16 persen dari Micromax. Seperti kebanyakan merek-merek Asia (meskipun bukan dari China), Micromax juga membuat tablet dan feature phone.

Tahun lalu, Micromax berekspansi ke luar negeri dengan meluncurkan produknya di Rusia dan Rumania, dua pasar berkembang yang menginginkan smartphone yang lebih terjangkau.
Handphone andalan: Micromax Canvas Knight mempunyai layar HD berkualitas 1080p dengan ukuran 5 inci; prosesor MediaTek octa-core 2 GHz; kamera belakang berkualitas 16 megapixel dan 5 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2.2; dijual seharga Rp 3,8 juta.




Karbonn mengirimkan 10 persen total smartphone yang dikirimkan di India pada tahun 2013. Karbonn sedikit lebih kecil dibanding Micromax, tapi keduanya sama-sama tumbuh dengan kuat.
Handphone andalan: Karbonn Titanium Octane Plus mempunyai layar HD berkualitas 1080p dengan ukuran 5 inci; prosesor MediaTek octa-core; kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan kamera depan 8 megapixel; Android 4.4; dijual seharga Rp 2,79 juta.

6. Xolo


Meski lebih kecil daripada dua pesaing senegaranya, Xolo juga tertarik untuk menguasai sebagian pasar smartphone kelas menengah ke bawah. Xolo tampaknya merupakan merek handphone India pertama yang menjual handphone 4G di negara tersebut.
Handphone andalan: Xolo Q3000 mempunyai layar HD berkualitas 1080p dengan ukuran 5,7 inci; prosesor MediaTek quad-core 1,5 GHz; kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan 5 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 4 juta.
Indonesia



Smartfren merupakan perusahaan penjual smartphone paling berbeda diantara yang lainnya di daftar ini, karena juga merupakan perusahaan telekomunikasi mobile. Smartfren memiliki 12,5 juta pelanggan, dan mendorong pelanggan Indonesia untuk beralih ke Android dengan harga smartphonenya yang bersaing.


Smartfren secara konsisten meluncurkan berbagai model smartphone di Indonesia, dan akhirnya mereka berhasil menjual handphone quad-core dengan harga di bawah Rp 1,5 juta dengan Andromax G2 dan Andromax i3. Smartfren mengatakan bahwa mereka mencatat sekitar 600 ribu hingga 700 ribu aktivasi unit Andromax tiap bulannya.
Handphone andalan: Smartfren Andromax Z mempunyai layar dengan resolusi HD 720p dengan ukuran 5,5 inci; prosesor quad-core MediaTek 1.5GHz; kamera belakang berkualitas 8-megapixel dan 2-megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 2,8 juta.




Walaupun memiliki desain handphone yang cenderung buruk, Evercoss tetaplah merupakan salah satu pemain besar di ranah handphone lokal Indonesia. Mereka mengganti nama brand dari Cross menjadi Evercoss dan menargetkan untuk mulai berekspansi ke pasar baru setelah pembangunan pabriknya – dengan nilai investasi Rp 1 triliun – selesai.

Evercoss mengklaim bahwa mereka berhasil menjual 1,5 juta handphone tiap bulannya di tahun 2013. Perusahaan ini menargetkan untuk menggenjot jumlah penjualan mereka hingga 2 juta unit per bulannya.
Handphone andalan: Evercoss Elevate A66s mempunyai layar dengan resolusi 540p dengan ukuran 6 inci; prosesor quad-core 1,3 GHz; kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan 3 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 2,5 juta.


9. Cyrus


Sebagaimana Evercoss, handphone Cyrus mempunyai spesifikasi yang buruk – tapi harganya hanya setengah dari handphone andalan Xiaomi, Micromax, dll. Cyrus jelas mengincar pasar smartphone yang paling bawah.

Di negara yang tergila-gila dengan BlackBerry dan BBM, Cyrus dengan cerdik melakukan pra-install aplikasi BBM Android di handphonenya, dan dengan gencar memasarkannya sebagai pengganti perangkat Blackberry.
Handphone andalan: Cyrus Esia Max Pic mempunyai layar berkualitas 540p dengan ukuran 5 inci; prosesor quad-core 1,2 GHz; kamera belakang berkualitas 8 megapixel dan 2 megapixel untuk kamera depan; Android 4.1; dijual seharga Rp 1,75 juta.

10. Mito


Mito menjual tablet, feature phone, dan smartphone. Meski berasal dari Indonesia, perusahaan ini juga beroperasi di India. 80 persen penjualannya adalah dari pasar bawah, yaitu perangkat feature phone.

Perusahaan ini menjual dua hingga tiga juta unit di tahun 2013, jadi Mito tidak akan menjual banyak smartphone, tapi masih layak untuk diperhatikan karena tingkat penjualan smartphonenya meningkat.
Handphone andalan: Mito Fantasy A95 mempunyai layar HD berkualitas 720p dengan ukuran 5 inci; prosesor MediaTek quad-core 1,2 GHz; kamera belakang berkualitas 8 megapixel dan 1,3 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 1,8 juta.


Malaysia >> 11. Ninetology


Dengan lebih mengedepankan gaya dan desain daripada produsen manapun di daftar ini, Ninetology Malaysia mengklaim dirinya sebagai produsen terbesar kedua di Malaysia (di belakang Samsung, tentunya).

Tahun lalu, perusahaan Malaysia ini masuk ke Indonesia.
Handphone andalan: Ninetology Z1 mempunyai layar HD berkualitas 720p dengan ukuran 5 inci; prosesor MediaTek quad-core 1,2 GHz; kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan 5 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 4,6 juta.


Thailand >> 



Seperti Cyrus dan Mito di daftar ini, I-Mobile asal Thailand ini perlahan bertransisi dari penirufeature phone perusahaan lain ke pembuat perangkat Androidnya sendiri. Handphone IQ terbarunya tahun ini dikemas dengan kamera berkualitas sangat bagus dan dijual dengan harga kurang dari Rp 3,3 juta, yang merupakan ide bagus bagi negara yang tergila-gila pada Instagram.
Handphone andalan: I-Mobile IQ Octa 1068 mempunyai layar HD berkualitas 1080p dengan ukuran 5 inci; prosesor MediaTek octa-core 1,7 GHz; kamera belakang berkualitas 18 megapixel dan 8 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2.2; dijual seharga Rp 4,5 juta.


Vietnam >> 13. FPT


Merupakan bagian dari perusahaan konglomerat FPT (FPT:VN) yang juga mencakup bisnis telekomunikasi.

FPT bertujuan untuk memproduksi dan menjual 600.000 smartphone di Vietnam pada tahun 2013. Hal ini menjadi sebuah langkah peralihan yang dilakukan FPT, yang sebelumnya berfokus dalam pengiriman feature phone tahun lalu. Itu berarti penjualan smartphone akan mencapai 70 persen dari output mobile.
Handphone andalan: FPT VI mempunyai layar berkualitas 720p dengan ukuran 5 inci; prosesor Snapdragon quad-core 1,2 GHz; kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan 1,6 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 2,7 juta.
Pakistan



Mobile adalah produsen smartphone lokal terbesar di Pakistan. Perusahaan ini membuat feature phone, smartphone, dan tablet.

Mobile didirikan pada tahun 2009 – sehingga tidak mengalami kesulitan beralih dari membuat handphone dasar seperti beberapa merek lain di daftar ini. Saat ini, Q Mobile memiliki 43 model smartphone yang terdaftar di website-nya.
Handphone andalan: Q Mobile Noir Quatro Z4 mempunyai layar berkualitas 1080p dengan ukuran 5 inci; prosesor 1,2 GHz (merek CPU tidak diungkapkan); kamera belakang berkualitas 13 megapixel dan 5 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 3,6 juta.


Filipina >> 15. Cherry Mobile


Filipina memiliki pertumbuhan pasar smartphone yang lebih cepat dibanding negara-negara seperti Indonesia dan Vietnam. Ini menjadikannya negara yang layak untuk diperhatikan.

Cherry Ponsel baru-baru ini mengungkapkan memiliki 84 model handphone – ya, delapan puluh empat – yang akan diluncurkan secara bertahap selama pemasarannya yang akan berlangsung selama dua bulan ke depan. Perusahaan ini juga membuat tablet dan feature phone.

Perangkat Cherry Mobile semua dibuat di China atau India. Merek ini juga dijual di Thailand.
Handphone andalan: Cherry Mobile Omega Infinity mempunyai layar berkualitas 1080p dengan ukuran 5,5 inci; prosesor octa-core MediaTek 1,5 GHz; kamera belakang berkualitas 18 megapixel dan 8 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 3,95 juta.



Starmobile sedang berjuang menyaingi Cherry Mobile dengan handphone yang lebih besar yang umumnya memiliki spesifikasi yang lebih kuat dengan harga lebih murah. Seperti merek-merek lokal Asia pada umumnya, Starmobile juga membuat handphone dan tablet.

Cherry Mobile dan Starmobile dibuntuti secara ketat oleh dua rival lokal, MyPhone dan Torque. Sulit untuk mengatakan perusahaan mana dari empat tersebut yang menjual lebih banyak smartphone saat ini, tapi survei terbaru menunjukkan Cherry Mobile adalah produsen handphone lokal terbesar di negara ini.
Handphone andalan: Starmobile Diamond X1 mempunyai layar berkualitas 720p dengan ukuran 6 inci; prosesor MediaTek octa-core 1,7 GHz; kamera belakang berkualitas 18 megapixel dan 8 megapixel untuk kamera depan; Android 4.2; dijual seharga Rp 3,67 juta.

Disamping para pesaing tersebut, Samsung masih punya banyak hal untuk dikhawatirkan. Daftar ini masih jauh dari lengkap, dan masih banyak pembuat smartphone di seluruh Asia.

Juga, jangan melupakan pesaing utama di pasar Android. Pesaing terberat Samsung di China sebenarnya adalah Lenovo. Dan masih banyak lagi merek mapan yang juga tertarik menjadi pilihan utama untuk smartphone Android – seperti LG, Huawei, HTC, Motorola.

Yang mana di antara 16 perusahaan dalam daftar ini yang memberikan ancaman terbesar? Tuliskan komentar Anda.

(Catatan: Artikel ini diterbitkan pertama kali pada Oktober 2013 dengan jumlah 13 smartphone. Sekarang artikel ini diperbarui pada April 2014 dengan total 16 smartphone. Kami menambahkan Q Mobile, Cherry Mobile, dan Starmobile dalam daftar.)

s

No comments:

Post a Comment